Sabtu, 20 Juli 2013

SILABUS PEMBELAJARAN




Nama Sekolah                                    :SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran                      : Ekonomi
Kelas/Program                       : XI/IPS
Tahun Ajaran/Semester        : 2013-2014/gasal
Standar Kompetensi             : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu                                    :   22 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1.1 Mengklasifikasi           ketenagakerjaan

·Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
· Pengangguran
· Cara-cara mengatasi pengangguran
· Usaha peningkatan mutu tenaga kerja
· Sistem upah yang berlaku di Indonesia
Tatap Muka :
·   Mencari informasi tentang pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
Penugasan Terstruktur:
·    Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
·    Mendiskusikan masalah pengangguran dan cara-cara mengatasinya.
· Mendiskusikan usaha peningkatan mutu tenaga kerja dan sistem upah yang berlaku di Indonesia.
Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur:
Mencari informasi  melalui internet tentang sistem pengupahan penggajian di daerah kemudian  mendowload
·Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
· Menjelaskan penyebab pengangguran.
· Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
· Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
· Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.

v  religius
v  Kerja keras
v  Jujur
v  saling menghargai








o   Kerja keras.
o   Jujur.
o   saling menghargai orang lain
o   inovatif,

Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
8 x 45 menit

1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal
2)      Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal
3)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal
1.2 Mendeskripsik-an  tujuan          
      pembangunan
      ekonomi

·Pengertian pembangunan ekonomi
· Pengertian dan tujuan pembangunan nasional
· Pola dan tahapan pembangunan nasional
Keberhasilan dan    kegagalan    pembangunan    ekonomi Indonesia
Tatap Muka:
Penugasan Terstruktur:
·Mencari informasi dari buku sumber  tentang pengertian pembangunan ekonomi.
· Mencari informasi tentang pengertian dan tujuan pembangunan nasional.
· Mencari informasi tentang pola dan tahapan pembangunan nasional.
· Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

·Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
·  menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
· Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
· Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

v  religius
v  Kerja keras
v  Jujur
v  saling menghargai








o   Kerja keras.
o   Jujur.
o   saling menghargai orang lain
o   inovatif,

Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
6 x 45 menit

1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal
2)      Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal
3)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal
1.3 Mendeskripsik-an proses pertumbuhan
      ekonomi

·   Arti pertumbuhan ekonomi
·    Teori pertumbuhan ekonomi
· Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi
·   Mengumpulkan informasi tentang pengertian dan teori pertumbuhan ekonomi.
·    Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
·   Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.


v  religius
v  Kerja keras
v  Jujur
v  saling menghargai



o   Kerja keras.
o   Jujur.
o   saling menghargai orang lain
o   inovatif,
Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
4 x 45 menit





1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal
2)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal

1.4 Mendeskripsik-an       pengangguran        
      beserta
      dampaknya
      terhadap
      pembangu
      nan
      nasional

·Dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional

·   Mendikusikan dampak
 pengangguran terhadap
 pembangunan nasional.

·    Menjelaskan
 dampak
 pengangguran
 terhadap
 pembangunan
 nasional.


v  religius
v  Kerja keras
v  Jujur
v  saling menghargai




o   Kerja keras.
o   Jujur.
o   saling menghargai orang lain
o   inovatif,

Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap

4 x 45
menit


1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal
2)      Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal
3)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal

Mengetahui,
Kepala SMA GAMA YOGYAKARATA


Dra. Sun Lestari


Sleman, 15 Juli 2013
Guru mapel Ekonomi


M Sri Haryanti Asih Winarti
NIP 19560517 198103 2 004












SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah                                     : SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran                                   : Ekonomi- AKUNTANSI
Kelas/Program                                    : XI
Tahun Ajaran/Semester                 : 2013-2014/gasal
Standar Kompetensi                        : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Alokasi Waktu                                    :  38  x 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
5.1   Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi

·   Akuntansi sebagai sistem informasi
·    Kualitas informasi akuntansi
·    Pemakai informasi akuntansi
·    Bidang akuntansi
·     Bidang profesi akuntansi
·    Etika profesi akuntan
·    Standar Akuntansi Keuangan

Tatap Muka
Penugasan Terstruktur:
·   Mengkaji referensi tentang akuntansi sebagai sistem informasi.
·    Mengkaji referensi tentang syarat-syarat kualitas sistem informasi.
·    Mencari informasi tentang pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.
·    Mencari informasi tentang bidang dalam akuntansi.
·    Mencari informasi tentang bidang pofesi dalam akuntansi.
·    Mencari informasi tentang etika profesi akuntan.
·    Mengkaji referensi tentang SAK.
· Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
·  Menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem informasi.
·  Membedakan antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.
·  Menjelaskan bidang-bidang dalam akuntansi.
·  Menjelaskan bidang bidang profesi dalam akuntansi.
·  Menghubungkan prinsip etika profesi akuntan dengan kenyataan pelanggaran etika yang nyata terjadi.
·  Menjelaskan kegunaan SAK bagi akuntan.

*      Kerja keras
*      Jujur
*      saling menghargai














*      Kkerja keras.
*      Jujur.
*      saling menghargai orang lain
*      inovatif,

Tes : tertulis pilihan ganda
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
10 x 45 menit

1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal 125-140
2)      Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira, Jakarta, 2010, hal
3)      Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal 163-173
4)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal 255-276
5.2   Menafsirkan persamaan akuntansi

·   Penggolongan transaksi keuangan
· Persamaan akuntansi
·    Laporan keuangan

·Mengkaji  referensi tentang  penggolongan transaksi keuangan.
·     Mengkaji referensi tentang  persamaan akuntansi.
·    Mengkaji referensi tentang  penyusunan laporan  keuangan
·   Mmenggolongkan suatu transaksi keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.
· Membedakan antara transaksi modal dan usaha.
· Memahami persamaan akuntansi.
· Menghitung besarnya modal akhir.
· Menyusun laporan laba- rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.
· Menyusun laporan arus kas metode langsung dan tidak langsung.
*      Kerja keras
*      Jujur
*      saling menghargai

*      Kerja keras.
*      Jujur.
*      saling menghargai orang lain
inovatif
Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
6 x 45 menit

1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal 125-140
2)      Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira, Jakarta, 2010, hal
3)      Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal 163-
5.3   Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit

·Definisi dan ciri-ciri perusahaan jasa
· Transaksi keuangan

·   Mencari informasi tenatng  perusahaan jasa.
·    Mengkaji referensi tentang  transaksi keuangan.
·Menjelaskan ciri-ciri perusahaan jasa.
· Membedakan antara bukti transaksi keuangan internal dan eksternal.  

*      Kerja keras
*      Jujur
*      saling menghargai

*      Kerja keras.
*      Jujur.
*      saling menghargai orang lain
*      inovatif,

Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
8 x 45 menit
1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal 125-140
2)      Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas XI, Yudistira, Jakarta, 2010, hal
3)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal
5.4   Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum

·Pengertian dan fungsi jurnal
· Bentuk jurnal
· Langkah-langkah dalam membuat jurnal

·   Mengkaji referensi tentang pengertian dan fungsi jurnal.
·    Menunjukkan bentuk jurnal.
·    Mengkaji referensi untuk membuat jurnal.
· Mmenjelaskan fungsi jurnal
· Membuat jurnal dari berbagai jenis transaksi
*      Kerja keras
*      Jujur
*      saling menghargai
*      Kerja keras.
*      Jujur.
*      saling menghargai orang lain
*      inovatif,

Tes : tertulis isian
Non Tes :
·   tugas individu dan kelompok
·   pengamatan sikap
8x 45 menit

1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal 125-140
2)      Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira, Jakarta, 2010, hal
3)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal

5.5   Melakukan posting  
dari jurnal ke buku besar









· Buku besar











·    Mengkaji referensi untuk melakukan posting dari jurnal ke buku besar.
·    Mengkaji referensi untuk membuat neraca saldo.






·  Melakukan posting dari jurnal ke buku besar.










*      Kerja keras
*      Jujur
*      saling menghargai










*      Kerja keras.
*      Jujur.
*      saling menghargai orang lain
*      inovatif,







Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap


8 x 45 menit










1)      Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009,hal 125-140
2)      Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira, Jakarta, 2010, hal
3)      Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal 163-1
4)      Rusdarti,dkk., Khazanah Ekonomi,  PT.Wangsa Jatra Lestari, 2007,Hal


Mengetahui,
Kepala SMA GAMA YOGYAKARATA


Dra. Sun Lestari


Sleman, 15 Juli 2013
Guru mapel Ekonomi


M Sri Haryanti Asih Winarti
NIP 19560517 198103 2 004


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini