Nama Sekolah :SMA GAMA
YOGYAKARTA
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas/Program :
XI/IPS
Tahun Ajaran/Semester : 2013-2014/gasal
Standar
Kompetensi : 1. Memahami
kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu : 22 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
|
·Hubungan jumlah
penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
· Pengangguran
· Cara-cara
mengatasi pengangguran
· Usaha
peningkatan mutu tenaga kerja
· Sistem upah yang berlaku di Indonesia
|
Tatap Muka :
· Mencari informasi tentang pengertian jumlah penduduk,
tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
Penugasan Terstruktur:
· Mendiskusikan
hubungan
jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
·
Mendiskusikan
masalah pengangguran dan cara-cara mengatasinya.
· Mendiskusikan usaha peningkatan mutu tenaga kerja dan sistem upah yang berlaku di
Indonesia.
Kegiatan
Mandiri Tak Terstruktur:
Mencari informasi melalui internet tentang sistem pengupahan
penggajian di daerah kemudian
mendowload
|
·Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja,
angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
· Menjelaskan penyebab pengangguran.
· Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di
Indonesia.
· Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
· Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang
berlaku di Indonesia.
|
v religius
v Kerja keras
v Jujur
v saling menghargai
|
o
Kerja keras.
o
Jujur.
o
saling menghargai
orang lain
o
inovatif,
|
Tes : tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan kelompok
·
pengamatan sikap
|
8 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
2) Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal
3) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
1.2 Mendeskripsik-an tujuan
pembangunan
ekonomi
|
·Pengertian pembangunan ekonomi
· Pengertian dan tujuan pembangunan
nasional
· Pola dan tahapan pembangunan nasional
Keberhasilan
dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia
|
Tatap Muka:
Penugasan Terstruktur:
·Mencari informasi dari buku sumber tentang pengertian pembangunan ekonomi.
· Mencari informasi tentang pengertian dan
tujuan pembangunan nasional.
· Mencari informasi tentang pola dan
tahapan pembangunan nasional.
· Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan
pembangunan ekonomi Indonesia.
|
·Menjelaskan pengertian pembangunan
ekonomi.
· menjelaskan
tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
· Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di
Indonesia.
· Mengidentifikasi keberhasilan dan
kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.
|
v religius
v Kerja keras
v Jujur
v saling menghargai
|
o
Kerja keras.
o
Jujur.
o
saling menghargai
orang lain
o
inovatif,
|
Tes :
tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
6 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
2) Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal
3) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
1.3 Mendeskripsik-an proses pertumbuhan
ekonomi
|
· Arti pertumbuhan ekonomi
· Teori pertumbuhan
ekonomi
· Faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan ekonomi
|
·
Mengumpulkan informasi tentang pengertian dan teori
pertumbuhan ekonomi.
·
Mendiskusikan
faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
|
· Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor
yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
|
v religius
v Kerja keras
v Jujur
v saling menghargai
|
o
Kerja keras.
o
Jujur.
o
saling menghargai
orang lain
o
inovatif,
|
Tes :
tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
4 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
2) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
1.4 Mendeskripsik-an
pengangguran
beserta
dampaknya
terhadap
pembangu
nan
nasional
|
·Dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional
|
·
Mendikusikan dampak
pengangguran terhadap
pembangunan nasional.
|
· Menjelaskan
dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional.
|
v religius
v Kerja keras
v Jujur
v saling menghargai
|
o
Kerja keras.
o
Jujur.
o
saling menghargai
orang lain
o
inovatif,
|
Tes :
tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
4 x 45
menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
2) Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal
3) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
Mengetahui,
Kepala SMA GAMA
YOGYAKARATA
Dra. Sun Lestari
|
|
Sleman, 15 Juli 2013
Guru mapel Ekonomi
M Sri Haryanti Asih Winarti
NIP 19560517 198103 2 004
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran : Ekonomi- AKUNTANSI
Kelas/Program : XI
Tahun
Ajaran/Semester : 2013-2014/gasal
Standar Kompetensi :
5. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
Alokasi Waktu : 38 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
(menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
5.1
Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi
|
·
Akuntansi sebagai
sistem informasi
·
Kualitas informasi akuntansi
·
Pemakai informasi akuntansi
·
Bidang akuntansi
·
Bidang profesi akuntansi
· Etika profesi akuntan
· Standar
Akuntansi Keuangan
|
Tatap Muka
Penugasan Terstruktur:
·
Mengkaji referensi
tentang akuntansi sebagai sistem informasi.
· Mengkaji referensi
tentang syarat-syarat kualitas sistem informasi.
· Mencari informasi tentang pemakai informasi
akuntansi internal dan eksternal.
· Mencari informasi tentang bidang dalam
akuntansi.
· Mencari informasi tentang bidang pofesi
dalam akuntansi.
· Mencari informasi tentang etika profesi akuntan.
· Mengkaji referensi
tentang SAK.
|
· Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi.
· Menjelaskan
syarat-syarat kualitas sistem informasi.
· Membedakan antara pemakai informasi
akuntansi internal dan eksternal.
· Menjelaskan bidang-bidang dalam akuntansi.
· Menjelaskan bidang bidang profesi dalam
akuntansi.
· Menghubungkan prinsip etika profesi akuntan
dengan kenyataan pelanggaran etika yang nyata terjadi.
· Menjelaskan kegunaan SAK bagi akuntan.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kkerja keras.
Jujur.
saling menghargai
orang lain
inovatif,
|
Tes :
tertulis pilihan ganda
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
10 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
125-140
2) Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira,
Jakarta, 2010, hal
3) Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal 163-173
4) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal 255-276
|
5.2
Menafsirkan
persamaan akuntansi
|
·
Penggolongan
transaksi keuangan
· Persamaan akuntansi
·
Laporan keuangan
|
·Mengkaji referensi tentang penggolongan transaksi keuangan.
·
Mengkaji referensi tentang persamaan akuntansi.
· Mengkaji referensi tentang penyusunan laporan keuangan
|
·
Mmenggolongkan suatu
transaksi keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.
· Membedakan antara transaksi modal dan usaha.
· Memahami persamaan akuntansi.
· Menghitung besarnya modal akhir.
· Menyusun laporan laba- rugi, laporan perubahan modal,
dan neraca.
· Menyusun laporan arus kas metode langsung dan tidak
langsung.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai
orang lain
inovatif
|
Tes :
tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
6 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
125-140
2) Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira,
Jakarta, 2010, hal
3) Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal 163-
|
5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan
kredit
|
·Definisi dan ciri-ciri perusahaan jasa
· Transaksi
keuangan
|
· Mencari informasi tenatng perusahaan jasa.
· Mengkaji referensi tentang transaksi keuangan.
|
·Menjelaskan ciri-ciri perusahaan jasa.
· Membedakan antara bukti transaksi keuangan internal
dan eksternal.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai
orang lain
inovatif,
|
Tes :
tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
8 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
125-140
2) Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas XI, Yudistira, Jakarta, 2010, hal
3) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
5.4 Mencatat
transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum
|
·Pengertian dan
fungsi jurnal
· Bentuk jurnal
· Langkah-langkah dalam membuat jurnal
|
·
Mengkaji referensi
tentang pengertian
dan fungsi jurnal.
·
Menunjukkan bentuk jurnal.
·
Mengkaji referensi untuk membuat jurnal.
|
· Mmenjelaskan fungsi jurnal
· Membuat jurnal dari berbagai jenis transaksi
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai
orang lain
inovatif,
|
Tes :
tertulis isian
Non Tes :
·
tugas individu dan
kelompok
·
pengamatan sikap
|
8x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
125-140
2) Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira,
Jakarta, 2010, hal
3) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
5.5 Melakukan posting
dari jurnal ke
buku besar
|
· Buku besar
|
· Mengkaji referensi untuk melakukan posting
dari jurnal ke buku besar.
·
Mengkaji referensi
untuk membuat
neraca saldo.
|
· Melakukan posting dari jurnal ke buku besar.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai
orang lain
inovatif,
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM,
ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian
bebas, skala sikap
|
8 x 45 menit
|
1) Ismawanto, Ekonomi untuk SMA dan MA, Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional,
Jakarta, 2009,hal
125-140
2) Kardiman, Drs, Prinsip-Prinsip Akuntansi 1 SMA klas X, Yudistira,
Jakarta, 2010, hal
3) Mimin Nur Aisyah dkk.Ekonomi untuk SMA dan MA klas XI , Pusat Perbukuan Departemen
Pendidikan Nasional, Jakarta, 2009, hal 163-1
4) Rusdarti,dkk.,
Khazanah Ekonomi, PT.Wangsa Jatra
Lestari, 2007,Hal
|
Mengetahui,
Kepala SMA GAMA
YOGYAKARATA
Dra. Sun Lestari
|
|
Sleman, 15 Juli 2013
Guru mapel Ekonomi
M Sri Haryanti Asih Winarti
NIP 19560517 198103 2 004
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar anda disini