Selasa, 17 September 2013

TUGAS PSIKOLOGI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Wawancara Guru










PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
JURUSAN PENGETAHUAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
UNVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2012




PROFIL GURU
1.      Nama Guru                 : Kartiningsih
2.      Usia Guru                    : 51 tahun
3.      Masa Kerja Guru         : Angkatan tahun 1982- 1987 (Paliyan Gunung Kidul)
: Tahun 1987-1990 (Kasihan Bantul)
: Tahun 1990-2012 (SDN Bondalem Bambanglipuro)
4.      Mengajar di                 : SDN Bondalem Bambanglipuro Bantul
5.      Sekolah tempat mengajar adalah SDN Bondalem yang terletak ditengah pedesaan, termasuk sekolah yang lumayan baik prestasinya di kabupaten Bantul. Ibu Kartiningsih adalah guru SD Negeri dan sudah bersertifikasi.
6.      Apa yang menjadi awal anda tertarik menjadi guru?
Pada waktu sekolah dulu ketika lulus SMP kemudian melanjutkan di Sekolah Pendidikan Guru (SPG). Melanjutkan ke SPG karena adanya dorongan dari teman seangkatan  dan terlebih dukungan dari orang tua sendiri, serta faktor lingkungan yang kebanyakan teman teman satu desa itu banyak yang masuk pendidikan Guru (SPG).
7.      Harapan apa yang terkandung dalam diri yang bersangkutan sehingga memutuskan menjadi guru?
Berharap anak – anak didik yang didampingi bisa sukses melebihi gurunya. Siswa  - siswi yang di dampingi akan menjadi penerus bangsa sehingga apa yang telah diajarkannya dapat bermanfaat dan menjadikan pribadi yang lebih maju dai pada gurunya.
8.      Tantangan apa yang ditemukan selama menjadi guru?
Banyak hambatan/tantangan yang dihadapi, antara lain; anak – anak didiknya yang nakal sehingga susah dikelola dengan baik. Orang tua murid seringkali berfikiran bahwa anak sudah di sekolahkan di sekolah ini berarti sekolah yang harus mendidik anak seutuhnya. Atau dapat dikatakan Orang tua murid kurang peduli bahwa bimbingan dari orang tua juga sangat penting.
Tantangan yang lain ialah ada salah satu murid yang keadaan mentalnya kurang di banding murid yang lainnya. Murid yang demikian sangat sulit untuk di  atur sehingga murid yang lainnya kadang terganggu oleh tingkah lakunya.
9.      Apakah selama menjadi guru, ketika memberikan nilai kepada siswa juga pernah mengalami konflik? Mengapa konflik tersebut muncul?
Dalam memberikan nilai untuk murid – murid jarang menemui masalah/konflik karena masih lingkup desa. Jadi murid ataupun wali murid sudah percaya dengan guru yang telah mengampu murid tersebut.
10.  Apakah dalam lingkungan guru juga ada kode etik keguruan? Pernahkah melakukan pelanggaran itu?
Ada. Selama ini belum pernah melanggar kode etik yang ada. Guru harus mentaati peraturan yang sudah ditetapkan.
11.  Apakah sebagai guru juga pernah melakukan pengembangan ilmu, kursus,
Pelatihan, membaca. Secara umum berapa jam waktu yang dialokasikan untuk kegiatan tersebut?
Pernah mengadakan pengembangan ilmu. Yang pernah diikuti antara lain; mengikuti workshop, kursus komputer dan pelatihan batik, dll. Menjadi guru di era sekarang ini harus bisa menguasai teknologi seperti komputer dan keahlian yang lainnya.
12.  Bagaimana pandangan guru terhadap pendidikan di Indonesia?
Pendidikan jaman sekarang itu lebih enak, mapan dan memadai. Dari segi biaya untuk tingkat pendidikan SD tidak ada biaya yang di bebankan kepada orang tua murid kecuali untuk pembelian seragam olahraga, lks. Teknologi untuk menunjang pendidikan juga semakin maju dan mudah di pelajari oleh anak –anak.Hanya saja di era sekarang ini sangat disayangkan banyak murid yang semakin menurun dalam akhlak dan moralnya. Terbukti jarang murid yang berbahasa dengan sopan dan santun kepada guru maupun orang tuanya.
13.  Faktor apa yang paling menghambat kemajuan pendidikan di indonesia, mengapa?
Faktor yang menghambat ialah;
Sarana dan prasarana. Di daerah pedalaman masih banyak sekolah yang belum mencukupi sarana dan prasarana sehingga pendidikan di daerah tersebut sulit untuk menjadi lebih maju.
Lingkungan peserta didik juga sangat mempengaruhi terhadap perkembangan pendidikan. Murid yang tinggal di lingkungan yang tidak mendukung tentu tidak serius dalam sekolah
Pemanfaatan teknologi. Ada murid yang menyalahgunakan kemajuan teknologi untuk perbuatan yang tidak baik.


14.  Adakah gagasan yang muncul dari guru agar pendidikan di indonesia dapat berkembang
Yang diinginkan oleh guru sekarang ini, Guru menginginkan pendidikan berakhlak mulia atau pendidikan moral di adakan kembali. Karena melihat kepribadian murid saat ini moral yang dimiliki banyak mengalami kemunduran.
15.  Bagaimana pandangan guru terhadap peserta didik sekarang ini?
Peserta didik sekarang ini intelektualnya banyak mengalami peningkatan tapi untuk moral banyak mengalami kemunduran
16.  Kunci sukses menjadi guru itu apa?
Guru selalu menjaga dan menjalankan peraturan dengan baik; tertib, disiplin, tekun, teliti, kerjasama, keberanian, toleransi.
17.  Apakah pekerjaan guru itu tidak membosankan, mengapa?
Menjadi guru tidak pernah bosan, justru menyenangkan karena dapat dekat dengan anak – anak. Bisa mengenal berbagai karakter anak – anak dan dapat menyalurkan bakat bakat yang dimiliki oleh anak merupakan kebanggaan tersendiri bagi guru.








Refleksi
Gusti ketut sumber dane
Setelah saya melakukan wawancara kepada salah satu guru, ternyata menjadi seorang guru itu sangat menyenangkan dan menjadi seorang guru mempunyai suatu kepuassan tersendiri. Apalagi jika peserta didik yang pernah beliau didik  menjadi orang yang sukses.
Tertarikkah saya menjadi guru??
Dari hasil wawancara tersebut saya tertarik menjadi seorang guru karena menjadi seorang guru merupakan salah satu pekerjaan yang mulia. Dan menjadi seorang guru merupakan profesi yang menantang. Menantang untuk membentuk kepribadian peserta didik menjadi lebih baik. Jika peserta didik yang pernah kita didik berhasil maka kita akan memiliki kepuasan tersendiri.
Stefanus Purwoko
Dari hasil kegiatan wawancara itu, banyak hal yang dapat saya peroleh dari cerita pengalaman Ibu Kartiningsih, ada susah senangnya tatkala menjadi guru. Dari wawancara ini dapat membantu saya dalam memperoleh gambaran tentang keluh kesah dan senangnya menjadi guru. Mulai dari kegiatan persiapan diri sebelum mengajar materi, kegiatan pembelajaran, metode, pengelolaan kelas dan banyak sekali cerita pengalaman  ibu kartiningsihyang saya dapatkan. Dari hal ini saya juga dapat mengenali nilai – nilai moral dalam kegiatan pembelajaran.
Tertarikkah saya menjadi guru??
Tertarik menjadi guru. Senang dapat mengenal beragam karakter peserta didik. Belajar berproses menjadi seorang pendidik sejadi. Mencerdaskan kehidupan masyarakat dan memajukan pendidikan. Walaupun memang banyak tantangan tetapi jika dijalani dengan ketulusan pasti akan sukses dan menyenangkan.
Duwi Patmantoro P
Dari kegiatan wawancara guru ini sangat bermanfaat bagi saya. Guru yang kami wawancarai adalah seorang guru SD, dari apa yang diceritakan beliau menarik dan dapat saya jadikan ilmu serta motivasi bagi saya. Ternyata menjadi guru tidaklah mudah berbagai tantangan yang harus dihadapi, dan semua tantangan tersebut harus dihadapi dan dipecahkan.
Saya tertarik menjadi guru, menjadi guru ternyata menjadi nilai kebanggaan tersendiri bagi orang - orang yang sudah menjadi guru sukses.  Ketika menjadi guru mungkin akan senang karena setiap hari berhadapan dan mendampingi peserta didik yang ingin belajar sehingga kedepannya apa yang di ajarkan guru dapat bermanfaat bagi peserta didik terus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini