Sabtu, 14 September 2013

FENOMENA SOSIAL DAN FENOMENA MASYARAKAT PERKOTAAN



TUGAS
METODOLOGI PENELITIAN
FENOMENA SOSIAL  DAN FENOMENA MASYARAKAT PERKOTAAN Dosen Pengampu: Dr. C. Teguh Dalyono., M. S.



                         NAMA      : AGUSTINUS UROPKA
NIM           : 091324002


FROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2013

FENOMENA SOSIAL DAN FENOMENA REMAJA DI MASA  GLOBAL
Melihat kondisi global saat ini banyak, banyak sekali alat yang menjadi indikator perkembangan dan perubahan sosial mulai dari aspek kultural yang bervarian, insfrastruktur, fasilitas sosial, politik dan perkembangan pesat teknologi yang saat ini sudah menjadi salah satu alat penunjang perkembangan sosial masyarakat untuk memenuhi kebutuhan informasi. Seiring perkembangan dan perubahan zaman semakin banyak teknologi dalam berbagai bentuk seperti Radio, Televisi, Kendaraan bermotor, Hand Phone, dan lain sebagainya. Maka hal-hal tersebut yang semakin berkembang pesat disebut sebagai Modernisasi yang hadir di kehidupan sosial masyarakat yang pada saat ini sudah banyak berpengaruh terhadap manusia sehingga pola fikir manusia sudah banyak berubah dan berkembang dari pola fikir kerja keras banting tulang  ke pola fikir serba instan.
Seiring perkembangan zaman dan dampak globalisasi yang tak dapat di pungkiri kehadirannya, modernisasi pun masuk dan berkembang pesat di Indonesia seiring masyarakat yang konsumtif menggunakannya sebagai penunjang yang praktis dalam kehidupan sosial atau pun kebutuhan privasinya. Salah satu contoh fenomena yang terjadi di masyarakat seiring berkembangnya teknologi yaitu hand phone, saat ini alat komunikasi tersebut sudah menjadi kebutuhan yang memang sudah dimiliki bahkan harus dimiliki oleh kalangan anak-anak sampai orang tua renta untuk senantiasa dapat memiliki dan menggunakannya entah dalam hal positif atau hal negatif. Tidak hanya itu selain dampak globalisasi yang di sertai hadirnya teknologi saat ini yang sedikit demi sedikit mengikis dan merubah qodrat mayarakat Indonesia saat ini, ada pula beberapa dampak global yang berpengaruh pada generasi serta pergaulan masyarakat saat ini yang sudah dekat dengan barang haram yang di konsumsi, seperti minuman keras, narkotika, psikotropika, dan obat-obatan terlarang lainnya yang berdampak negatif pada penggunanya.


Fakta sosial yang ada dalam realita dan terdapat beberapa fakta yang menjadi indikator mengapa penyalahgunaan dan peredaran obat-obatan itu terjadi dan apa saja dampaknya, diantaranya ialah:
1.       Secara Ekonomi, Bisnis Narkotika sangat menguntungkan, di Indonesia hal ini menjadi urutan tiga besar setelah perdagangan senjata dan wanita.
            2.       Jumlah pecandu mencapai 3,2 juta jiwa atau sekita 1,5% dari penduduk Indonesia
            3.       Indonesia sudah menjadi produsen Narkotika
            4.       Angka kematian akibat penyalahgunaan rata-rata 15.000 jiwa pertahun
            5.       Tingkat penyalahgunaan lebih banyak pada usia Remaja Produktif

            Selain menimbulkan Dampak Negatif bagi kesehatan (Fisik), penyalahgunaan narkoba juga berdampak negatif bagi perkembangan psikis seseorang yang meliputi : tingkah laku , gaya hidup serta kepribadian.Dampak negatif tersebut ialah :
1. Narkoba akan menimbulkan sifat tidak peduli walaupun pada dirinya sendiri
2. Korban ( Pengguna ) cenderung tertutup , menyendiri serta sensitive
3. Menimbulkan sifat Pemalas bagi korban ( pengguna)
4. Konsentrasi dan daya ingatnya terganggu, sulit berkonsentrasi
5. Bagi Pelajar , Prestasi sekolah menurun
6. Hilang nya kepercayaan diri

           
SUMBER : NARKOBA POLRES KARAWANG 2010.
Dari penjelasan di atas mungkin kita bisa melihat dan menganalisa salah satu keprihatinan negeri ini, namun tentulah semua itu akan kembali kepada diri kita, apakah kita hanya akan menjadi penonton dan audience setia atau akan senantiasa berpartisipasi dalam hal tersebut. Semua hal-hal yang terjadi itu adalah beberapa dampak dari Modernisasi dan Globalisasi yang menjadi konformisme sosial terhadap kondisi dan situasi global yang akan terus berkembang jika kita membiarkannya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini