Sabtu, 14 September 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Nama Sekolah                   : SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran                 : Ekonomi
Kelas/Progrem                  : X
Semester/Th. Ajaran      : Gasal/2013-2014
Alokasi Waktu                   : 2 x 45 menit

Standar Kompetensi:     Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar:      Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Indikator                              :
·      Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
·      Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·      Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
·       Kurva kemungkinan produksi
·      Mendeskripsikan pengertian biaya peluang
·      Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
A.  Tujuan Pembelajaran
Perserta didik Setelah membaca buku sumber  dan melakukan diskusi hilangnya kesempatan tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·         Mengidentifikasi kesempatan tenaga kerja
·         Mendiskripsikan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·         Mendeskripsikan ilmu ekonomi terkait dengan kelangkaan biaya kesempatan (opportunity cost).
·          Karakter yang ingin dicapai: tanggung jawab, kerja keras, disiplin, jujur, saling menghargai.
B.   Materi Pembelajaran
1.       Biaya peluang  (opportunity cost)
Biaya peluang adalah  pengorbanan yang dilakukan seseorang karena menentukan suatu pilihan. Konsep biaya peluang ialah mendorong seseorang mengeluarkan pengorbanan tertentu dan meminimumkan resiko rugi agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
2.    Biaya Peluang pada Tenaga Kerja
 Biaya peluang pada tenaga kerja adalah nilai kesempatan tenaga kerja dalam memproduksi barang dan jasa yang harus diabaikan karena memilih alternative memproduksi barang lain. Konsep dasar peluang tenaga kerja ialah ketebatasan sumber daya manusia dalam proses produksi secara bersamaan

3.    Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja
Perusahaan Rumah Tangga       
Pada sebuah perusahaan Rumah Tangga Tedapat Lima tenaga kerja yang dipekerjakan untuk memproduksi bebepa makanan Seperti Keripik dan Roti. Keripik dan Roti telah disurvei dalam masyarakat sebagai makanan yang digemari. Untuk itu dibuat pengombinasian Tenaga Kerja dengan Barang yang diproduksi agar diperoleh keuntungan yang besar.
C.      Metode Pembelajaran
·         Metode: ceramah, diskusi, tanya jawab
D.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No
Kegiatan
Alokasi
Keterangan
1.
Kegiatan Pendahuluan
a.     Apersepsi
·                  Guru menjelaskan tentang SK, KD  Indikator agar Siswa Dapat Memahami hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·                  Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
b.       Motivas
Memotivasi akan pentingnya menguasai materi ini dengan baik agar dapat memahamai tentang hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
c. Penyampaian tujuan pembelajaran
·   Melalui kegiatan diskusi peserta didik dapat:
Mendeskripsikan unsur permasalahan ekonomi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·   Mengidentifikasi  pengertian  biaya peluan, Biaya peluang pada tenaga keja, dan Konsep dasar biaya peluang tenaga kerja.
10 menit
Tatap Muka
2.
Kegiatan Inti
a.    Eksplorasi
·      Guru menyampaikan pengantar inti materi
·      Guru bersama peserta didik belajar dengan tanya jawab, komunikasi aktif tentang unsur masalah hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
b.   Elaborasi
·  Guru membagi peserta didik ke dalam 4 kelompok (1 kelompok 4-5 orang).
·  Guru memberi penjelasan mengenai materi yang menjadi bahan diskusi kelompok.
·   Peserta didik diminta untuk berfikir tentang materi/permasalahan yang disampaikan guru.
· Peserta didik diminta untuk bergabung dengan kelompoknya sesuai dengan pembagian yang sudah ditentukan oleh guru.
·   Di dalam kelompok peserta didik diminta untuk saling mengutarakan hasil pemikiran mereka. Selama peserta didik saling berdiskusi dalam kelompoknya, guru berkeliling memantau jalanya diskusi pada masing-masing kelompok.
·  Setelah waktu untuk diskusi selesai  guru memimpin pleno kecil diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
· Setelah semua kelompok selesai mengemukakan hasil diskusinya, hasil pekerjaan kelompok dikumpulkan kepada guru dengan menulis nama kelompok dan nama anggota kelompok.

c.Konfirmasi
·      Berawal dari kegiatan pleno kecil diskusi guru mengarahkan pembicaraan pada pokok permasalahan atau menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahuai peserta didik.
·      Guru menjelaskan dan menambah materi atau jawaban tentang hal-hal yang belum diungkapkan para peserta didik.

70 menit

Tatap Muka







Tugas Terstruktur
3.
Kegiatan Penutup
a.     Kesimpulan
Guru membimbing peserta didik untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan dengan mengunakan power point.
b.     Tindak lanjut
·         Memberikan tugas pekerjaan rumah secara berkelompok tentang masalah pokok ekonomi menurut aliran klasik dan modern.  Data dapat diambil dari jurnal ekonomi atau buku referensi perpustakaan. 
·         Tugas dikumpulkan dan dibahas pada pertemuan selanjutnya.

10 menit
Tatap Muka

E.         Sumber Belajar
·      Buku:
1.    Rusdarti,dkk., 2007. Khazanah Ekonomi 2 untuk Kelas XI SMA dan MA,  PT.Wangsa Jatra Lestari, Solo, hal 147.
2.    Endang Mulyadi., 2011.  Akuntansi 1 SMA Kelas XI, Yudhistira, hal 19
3.    Kadirman,dkk., 2009. Prinsip-prinsip Akuntansi 1 SMA Kelas XI, Yudhistira, hal 23
4.    Wayhyu Adji dkk. 2007 Ekonomi Untuk SMA/MAJilid 1, PT. Gelora Aksara Pertama, hal 31
·      Media dan alat:
Power point, Laptop, LCD papan tulis, Kapur. Ispidol, waibot
F.          Penilaian Hasil Belajar
1.    Teknik Penilaian:
·         Pengamatan Proses Belajar mengajar
·         Tes Tertulis
·         Non Tes
2.    Bentuk Instrumen: Isian , pilihan ganda, dan Pengamatan sikap
3.    Instrumen: Kisi-kisi soal, kunci jawaban dan pedoman penilaian
4.    Tugas terstruktur


a)    Kisi-kisi soal
No
Indikator pencapaian kompetensi
Teknik
Bentuk instrumen
Item soal
1.

Mendeskripsikan  Biaya Peluang (opportunity cost)

Tes tertulis
Isian dan Pilihan Ganda
Soal I no 1,
2.
Menjebutkan Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja dan jelaskan

Tes tertulis
Isian dan Pilihan Ganda
Soal I no 2,3
3.
Mengidentifikasi Kurva kesempatan tenaga kerja dan kurva produksi didalam dan diluar
Tes tertulis
Isian
Soal I no 4,

b)   Instrumen Tugas Terstruktur
1)      Apa yang dimaksud dengan  Biaya Peluang (opportunity cost) adalah?
2)      Jelaskan apa yang dimaksud Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja!
3)      Menjelaskan pengertian Biaya Peluang pada Tenaga Kerja?
4)      Mengambarkan  Kurva kesempatan tenaga kerja?
 KUNCI JAWABAN ISIAN
1.        Biaya peluang  (opportunity cost)
Biaya peluang adalah  pengorbanan yang dilakukan seseorang karena menentukan suatu pilihan. Konsep biaya peluang ialah mendorong seseorang mengeluarkan pengorbanan tertentu dan meminimumkan resiko rugi agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.
2.       Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja
Perusahaan Rumah Tangga       
Pada sebuah perusahaan Rumah Tangga Tedapat Lima tenaga kerja yang dipekerjakan untuk memproduksi beberapa makanan Seperti Keripik dan Roti. Keripik dan Roti telah disurvei dalam masyarakat sebagai makanan yang digemari. Untuk itu dibuat pengombinasian Tenaga Kerja dengan Barang yang diproduksi agar diperoleh keuntungan yang besar.
3.    Biaya Peluang pada Tenaga Kerja
 Biaya peluang pada tenaga kerja adalah nilai kesempatan tenaga kerja dalam memproduksi barang dan jasa yang harus diabaikan karena memilih alternative memproduksi barang lain. Konsep dasar peluang tenaga kerja ialah ketebatasan sumber daya manusia dalam proses produksi secara bersamaan.
4.       Kurva di gambar di kertas kerja
Penguasaan = jumlah jawaban yang benar   X 100%
                                                   4
Arti  tingkat penguasaan yang dicapai
90% - 100%     =             Baik sekali
80% - 89%        =             Baik
70% - 79%        =             cukup
< 70%                                =             kuran

c)                Pedoman penilaian

Item soal
Skor
Soal no 1
5
Soal no 2
5
Soal no 3
5
Soal no 4
5
Total
20




1.    Penilaian sikap:
No
Nama
Aspek Penilaian
Tanggung jawab
Kerja keras
Disiplin
Jujur
Santun
Saling menghargai
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1

























2

























3

























4

























5

























...


























Keterangan:
Skor 1 = Kurang
Skor 2 = Cukup
Skor 3 = Baik
Skor 4 = Sangat Baik       
Sleman, 13 September  2013

                                                                                                                                                                Praktikan

                                                                                                                  Agustinus Uropka
                                                                                                             NIM 091324002
Mengetahui,
Dosen pembimbing                                                                                        Guru  Mata Pelajaran





Y. M. V. Mundayen, S.Pd., M.Sc                                    M Sriharyanti Asih Winarti ,BA
NIP : 19560517 198103 2 004



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini