Selasa, 17 September 2013

ISTRUMEN



BAB 7
VALIDITAS DAN RELIABILITAS INSTRUMEN

Dalam penelitian, data mempunyai kedudukan yang paling tinggi karena data merupakan penggambaran variabel yang diteliti, dan berfungsi untuk menguji hipotesis. Benar tidaknya data sangat menentukan bermutu tidaknya hasil penelitian. Sedangkan benar tidaknya data, tergantung dari baik tidaknya instrumen pengumpul data. Instrumen yang baik harus memenuhi dua persyaratan yaitu valid dan reliabel.

A.    Validitas
Validitas adalah suatu ukuran yang menunjukkan tingkat-tingkat kevalidan atau kesahihan suatu instrumen. Sebuah instrumen dikatakan valid apabila :
1.      mampu mengukur apa yang seharusnya diukur.
2.      dapat mengungkap data dari variabel yang diteliti secara tepat.
Validitas tes perlu ditentukan untuk mengetahui kualitas tes dalam kaitannya dengan mengukur hal yang seharusnya diukur. Nunnanly (1972) menyatakan bahwa pengertian validitas senantiasa dikaitkan dengan penelitian empiris dan pembuktian-pembuktiannya bergantung kepada macam validitas yang digunakan. Validitas tes perlu dilakukan untuk mengetahui kualitas tes dalam kaitannya mengukur hal yang seharusnya diukur. 
 Bentuk validitas dibedakan menjadi dua yaitu :
1.      Validitas Logis
      Validitas logis sama dengan analisis kualitatif terhadap sebuah soal, Yaitu untuk menentukan berfungsi tidaknya suatu soal berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Kriteria yang dimaksud adalah kriteria materi, konstruksi, dan bahasa. Validitas logis dibagi dua yaitu validitas isi (content validity) dan validitas konstruk (construct validity).
a.       Validitas Isi (Content validity)
Validitas isi sering pula dinamakan validitas kurikulum yang mengandung arti bahwa suatu alat ukur dipandang valid apabila sesuai dengan isi kurikulum yang hendak diukur. Validitas isi didefinisikan sebagai seberapa jauh suatu instrumen mencakup daerah-daerah yang diukur.
b.      Validitas Konstruk (Construct validity)                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                           
            Konstruk adalah sesuatu yang berkaitan dengan fenomena dan obyek yang abstrak, tetapi gajalanya dapat diamati dan diukur. Gravitasi, kemampuan matematika, kebahagiaan dan kesedihan merupakan konstruk. Validitas konstruk suatu tes mengandung arti bahwa suatu alat ukur dikatakan valid apabila telah cocok dengan konstruksi teoritik di mana tes itu dibuat. Dengan kata lain, sebuah tes dikatakan memiliki validitas konstruksi apabila soal-soalnya mengukur setiap aspek berpikir seperti yang diuraikan dalam standar kompetensi, kompetensi dasar, maupun indikator yang terdapat dalam kurikulum. Konstruksi yang dimaksud pada validitas ini bukanlah merupakan konstruksi seperti bangunan atau susunan, tetapi berupa rekaan psikologis yang berkaitan dengan aspek-aspek ingatan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis dan evaluasi.

2.      Validitas empiris
      Dikatakan validitas empiris karena didasarkan atas bukti empiris yang telah diperoleh pada suatu tes. Validitas empiris disebut juga validitas prediksi (predictive validity) karena instrumen tersebut sudah dapat digunakan untuk membuat prakiraan terhadap kemampuan sebenarnya atau kemampuan akhir para pengikut tes tersebut. Validitas empiris dibagi menjadi dua yaitu: validitas setara dan validitas kriteria.
a.       Validitas setara (concurrent validity)
            Validitas setara didefinisikan sebagai seberapa jauh suatu instrumen berkorelasi positif dengan suatu tes sejenis yang sudah dinyatakan valid dan reliabel. Kesetaraan disini diartikan mempunyai bobot yang sama dalam hal isi maupun daya prediksinya.
b.      Validitas kriteria (creterion-related)
            didefinisikan sebagai seberapa jauh suatu instrumen berkorelasi positif dengan tes lain yang mengukur gejala yang sama.
Ada dua macam validitas sesuai dengan cara pengujiannya, yaitu validitas eksternal dan validitas internal.
a.      Validitas eksternal
         Validitas Instrumen dicapai apabila data yang dihasilkan dari instrumen tersebut sesuai dengan data atau informasi lain mengenai pengertian variabel yang dimaksud. Validitas eksternal harus memungkinkan perbandingan dengan hasil-hasil studi lain. Harus ada deskripsi atau definisi yang jelas tiap komponen (seperti konsep yang dikembangkan, ciri-ciri populasi, sampling, situasi lokasi dan sebagainya) agar dapat diadakan perbandingan oleh peneliti lain, sehingga orang lain dapat memahami sesuai dengan pemahaman peneliti sendiri.
      Rumus korelasi yang dapat digunakan adalah rumus korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson sebagai berikut:
      Rumus 1 : dengan nilai simpangan

                                      
                                                            xy
                        rxy          =
                                                  
                       
                       
      Di mana:
    rxy     =    koefisien korelasi antara variabel x dan variabel y, dua variabel lain yang dikorelasikan (x = X- dan y = Y-)
         xy  =   jumlah perkalian antara x dan y
              =   skor rata-rata dari X
               =   skor rata-rata dari Y

      Rumus 2 : dengan angka kasar
                                                               NXY - (X) ((Y)          
                        rxy          =
                                               

                          
         Di mana
                                 rxy     =    koefisien korelasi antara variabel x dan y
                                 N      =    jumlah peserta tes
      Untuk mencari validitas tes IPS (X) di Perguruan Tinggi dengan kriterium nilai hasil tes masuk (Y) dan jumlah peserta sebanyak 15 orang digunakan tabel dibawah ini.

      Perhitungan validitas nilai tes IPS di Perguruan Tinggi dengan skor kasar

No
Peserta tes
X
Y
X²
Y²
XY
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
Juki
Jaka
Yanti
Bambang
Danang
Mitra
Koko
Didik
Kaka
Anang
Rara
Sutar
Rita
Guruh
Mega
8
7
6
7
8
7
6
8
7
8
8
8
9
8
7
6
6
4
6
7
5
5
7
7
7
7
5
7
7
5
64
49
36
49
64
49
36
64
49
64
64
64
81
64
49
36
36
16
36
49
25
25
49
49
49
49
25
49
49
25
48
42
24
42
56
35
30
56
49
56
56
40
63
56
35
Jumlah
112
91
846
567
688

                                                               NXY - (X) ((Y)          
                        rxy           =
                                               

                                                            (15 x 688)-(112 x 91)
                        rxy           =
                                               
                                      
                        rxy           =       0.708  

Koefisien korelasi tersebut diinterpretasikan dengan pedoman seperti nampak pada tabel berikut.

Koefisien korelasi (rxy)
Interpretasi
0,80    -    1,00
Sangat Tinggi
0,60    - < 0,80
Tinggi
0,40    - < 0,60
Cukup/ Sedang
0,20    - < 0,40
Rendah
0,00    - < 0,20
Sangat rendah

       Dengan demikian koefisien korelasi debesar 0.708 di atas diinterpretasikan tinggi, yang berarti soal/ tes IPS  terebut valid.

b.   Validitas internal
Validitas internal merupakan ukuran tentang kebenaran data yang diperoleh dengan instrumen, yakni apakah instrumen itu sungguh-sungguh mengukur variabel yang sebenarnya. Dengan kata lain, sebuah instrumen memiliki validitas internal apabila setiap bagian instrumen mendukung ”missi” instrumen secara keseluruhan yaitu mengungkap data dari variabel yang dimaksud. Kelemahan dalam validitas internal dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor, antara lain:
1.      perubahan waktu atau situasi
2.      pengaruh pengamat/peneliti
3.      seleksi
4.      mortalitas
5.      kedangkalan kesimpulan
6.      Dari uraian mengenai validitas internal dapat disimpulkan bahwa pengujian validitas sebuah instrumen dapat dilakukan dengan dua cara yaitu: Melakukan analisis faktor (anafak) dan Melakukan analisis butir (anabut).
                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      
Analisis faktor
      Analisis faktor dapat dilakukan dengan suatu asumsi bahwa instrumen dapat dikatakan valid jika setiap faktor yang membentuk instrumen tersebut sudah valid. Analisis faktor dapat dilakukan apabila antara faktor yang satu dengan faktor yang lain tidak terdapat kesamaan, kesinambungan atau tumpang tindih.

Analisis butir
            Prosedur untuk melakukan analisis butir sebenarnya sama dengan prosedur melakukan analisis faktor. Untuk menguji validitas setiap butir maka skor-skor yang ada pada butir yang dimaksud dikorelasikan dengan skor total. Skor butir dipandang sebagai nilai X dan skor total dipandang sebagai nilai Y. Dengan diperolehnya indeks validitas setiap butir dapat diketahui dengan pasti butir-butir mana yang tidak memenuhi syarat. Berdasarkan informasi tersebut, peneliti dapat mengganti atau merevisi butir-butir yang dimaksud.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                              
B.     Reliabilitas
    Reliabilitas menunjukkan pada suatu pengertian bahwa sesuatu instrument cukup dapat dipercaya untuk digunakan sebagai alat pengumpul data karena instrument tersebut sudah baik. Instrumen yang baik tidak akan bersifat tendensius mengarahkan responden untuk memilih jawaban-jawaban tertentu. Instrumen yang sudah dapat dipercaya, yang reliabel akan menghasilkan data yang dapat dipercaya juga. Apabila datanya memang benar sesuai dengan kenyataannya, maka beberapa kalipun diambil, tetap akan sama. Reliabilitas menunjuk pada tingkat keterandalan sesuatu. Reliabel artinya dapat dipercaya, jadi dapat diandalkan.
Secara garis besar ada dua jenis reliabilitas, yaitu reliabilitas eksternal dan reliabel internal.
a.    Reliabilitas eksternal
    Ada dua cara untuk menguji reliabilitas eksternal sesuatu instrumen yaitu dengan teknik pararel dan teknik ulang.
b.   Reliabilitas internal
    Reliabilitas internal diperoleh dengan cara menganalisis data dari satu kali hasil pengetesan. Ada bermacam-macam cara untuk mengetahui reliabitas internal. Pemilihan sesuatu teknik didasarkan atas bentuk instrumen maupun selera peneliti.
Berbagai teknik mencari reliabilitas yang akan diuraikan adalah dengan rumusan Spearman-Brown, dengan rumusan Flanagan, dengan rumus Rulon, dengan rumus K – R. 20, dengan rumus K – R. 21, dengan rumus Hoyt dan dengan rumus Alpha.
1)   Reliabilitas istrumen dengan rumus Spearman-Brown
    Dalam menghitung reliabilitas dengan teknik ini peneliti harus melalui langkah yaitu membuat tabel analisis butir soal atau butir pertanyaan. Dari analisis ini skor-skor dikelompokkan menjadi dua berdasarkan belahan bagian soal. Ada dua cara membelah yaitu belah ganjil – genap dan belah awal – akhir. Oleh karena inilah maka teknik Spearman-Brown dalam mencari ini juga disebut teknik belah dua. Langkah selanjutnya adalah mengokorelasikan skor belahan pertama dengan skor belahan kedua, dan akan diperoleh harga rXY. Oleh karena indeks korelasi yang diperoleh baru menunjukkan hubungan antara dua belahan instrumen, maka untuk memperoleh indeks reliabilitas soal masih harus menggunakan rumus Spearman-Brown, yaitu

                   2 x  r1/2 1/2
  r11 =     --------------------
                 (1 + r1/2 1/2 )
 
                                                  
                      
                                                        
                     
 



Dengan keterangan
r11       =   reliabilitas instrumen
r1/21/2 =  rXY yang disebutkan sebagai indeks korelasi antara dua belahan instrumen.

Contoh perhitungan:
Misalnya  koefisien korelasi (rXY) antara dua belahan instrumen adalah 0,576.
Maka:
                      2 X 0,5676
  r 11  =                                        =  0,73069 dibulatkan  0,731 
                    (  1 +  0,576)
Jadi besarnya  reliabilitas instrumen adalah 0,731, yang berarti masuk kategori tinggi. Dengan demikian dapat disimpulkan  instrumen tersebut reliabel.                               
                       
2)   Reliabilitas instrumen dengan rumus Flanagan
     Untuk mencari reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Flanagan, kita juga harus melakukan analisis butir dahulu dan menggunakan teknik belah dua ganjil – genap.
Rumusnya adalah sebagai berikut :
                                                   V1 + V2                 
                    r 11   =   2 ( 1 -                        )
                                                                     Vt
                       r 11 =  reliabilitas instrumen
                      V1   =  varians belahan pertama (varians skor butir – butir ganjil)
                      V2    =  varians belahan kedua (varians skor butir-buitr genap)
                      Vt    =  varians skor total
                                

Contoh perhitungan dengan rumus Spearman-Brown

Berdasarkan atas data pada tabel di atas diketahui hasil perhitungan sebagai berikut:

Dengan cara I ( belah ganjil –genap)
   ∑ X  =    64                          ∑ Y²  =  269
   ∑ X²  =  446                         ∑XY  =  296
   ∑ Y   =    47
Dengan cara II ( belah awal – akhir)
    ∑ X   =    59                        ∑Y²  =  304
    ∑X²  =   381                        ∑XY  =   311
    ∑Y   =      52

Selanjutnya sesudah diketahui data di atas, dihitung korelasi antara belahan pertama dengan belahan kedua lalu dimasukkan ke rumus Spearman – Brown.
Dengan menggunakan tabel analisis butir yang sudah disajikan untuk perhitungan dengan rumus Spearman – Brown diketahui harga :
           
            V1   =  3,6399
            V2   =  4,8099
            Vt    = 7,4899

Maka data tersebut dimasukkan ke rumus
                                                 3,6399 + 4,8099
            r 11    =   2  ( 1 -                                             )
                                                       7,4899
                                             -  1,1109
                        =   2 ( 1 -                                )  =  2 { 1 – ( - 0,1483)}
                                                 7,4899
                       =  2 x 1,1483 = 0,2966

3.       Reliabilitas instrument dengan rumus Rulon
Untuk menguji reliabilitas instrumen dengan rumus Rulon, kita juga harus  
       melalui langkah analisis butir.
         r11  = 1   -  
 
Rumusnya adalah  :



Dengan Keterangan  :
      r11           :  reliabilitas instrumen
      Vt           :  varians total atau varians skor total
      Vd          :  varians beda (varians difference)
      d          :  skor pada belahan awal dikurangi dengan skor pada belahan akhir

Mencari reliabilitas dengan menggunakan teknik belah dua ini sangat digemari oleh peneliti, khususnya para mahasiswa yang melakukan penelitian untuk skripsi atau tesis. Kesalahan umum yang seringkali ada yakni bahwa para mahasiswa tersebut menggunakan teknik belah dua tanpa mengingat persyaratan yang seharusnya dipenuhi.
Sekurang-kurangnya ada 2 persyaratan pokok yang harus dipenuhi terlebih dahulu sebelum menentukan teknik pengujian reliabilitas instrumen dengan teknik belah dua, yaitu :
a.       Banyaknya butir pertanyaan atau butir soal dalam instrumen harua genap agar dapat dibelah.
b.      Antara belahan pertama dengan belahan kedua harus seimbang.

4.       Reliabilitas instrumen dengan rumus K – R20
Apabila peneliti memiliki instrumen dengan jumlah butir pertanyaan ganjil, maka peneliti tersebut tidak mungkin menggunakan teknik belah dua untuk pengujian reliabilitas. Untuk ini maka ia boleh menggunakan rumus K – R20.

r11 = ( ) ()
 
Rumus :



Dengan Keterangan :
      r11            =  reliabilitas instrumen
      k          = banyaknya butir pertanyaan
      Vt           =  varians total
      q          =  proporsi subyek yang mendapat skor 0 (q = 1 - p)
Dua buah rumus yang digunakan untuk mencari reliabilitas instrumen penelitian adalah rumus K – R20 dan K – R21. Rumus K – R20 sudah selesai dibicarakan, lengkap dengan contohnya.

5. Reliabilitas instrumen dengan rumus K – R21.

r11 = () ()
 
     Rumus :





    Di mana:
      r11        =   reliabilitas instrumen
      k          =  banyaknya butir soal atau butir pertanyaan
      M         =  skor rata-rata
            Vt        =  varians total

6.             Reliabilitas instrumen dengan rumus Hoyt
            Untuk instrument yang penyekorannya 1 dan 0 masih ada lagi cara lain untuk mengetahui reliabilitasnya yaitu dengan rumus Hoyt sebagai berikut:








   r11=     Vr – Vs

                  Vr
 
 


                                                         Atau 



Keterangan:
r11           :           reliabilitas instrument
Vr        :           varians responden
Vs        :           varians sisa

Reliabilitas instrumen dapat dihitung sebagai berikut:

Langkah 1       Menghitung jumlah kuadrat responden dengan rumus:
                 Σ Xt2            ( Σ Xt)2
Jk(r)      =               -   
                                          k                  (k x N)
Di mana:
                        Jk(r)      =          jumlah kudrat responden
                        k          =          banyaknya butir pertanyaan
                        N         =          banyaknya responden atau subyek
                        Xt           =          skor total setiap responden

Langkah 2       Menghitung jumlah kuadrat butir dengan rumus:

                                        Σ B2        ( Σ Xt)2
Jk(b)      =              -
                                          N          (k x N)
Di mana:
                        Jk(b)      =          jumlah kuadrat butir
                        Σ B2     =          jumlah kuadrat jawab benar seluruh butir
                        ( Σ Xt)2            =          kuadrat dari jumlah skor total

Langkah 3       Menghitung jumlah kuadrat total
                        Jk(t)      =  (Σ B) +  (Σ S)

                        Σ B       =         jumlah jawab benar seluruh butir
                        Σ S       =          jumlah jawab salah seluruh butir
           
Langkah 4       Menghitung jumlah kuadrat sisa dengan rumus
                        Jk(s)      =   Jk(t) -  Jk(r) - Jk(b)

Langkah 5       Menghitung varians responden dan varians sisa dengan
                                    menggunakan tabel F

Langkah 6       Menghitung reliabilitas dengan rumus r11


7.      Reliabilitas Instrumen dengan rumus alpha
      Teknik untuk mencari reliabilitas yang skornya merupakan rentangan antara beberapa nilai (misalnya 0-10 atau 0-100) atau yang berbentuk skala (misalnya skala 1-3, 1-5, atau 1-7) digunakan rumus alpha dari Cronbach sebagai berikut:
                                                 k                  σb²
                        r11       =    (              )  (  1 -              )
                                                k-1                   σ²t

            Di mana:
                  r11           =    reliabilitas instrumen
                  k             =    banyaknya butir pertanyaan atau banyaknya soal
                  σb²     =    jumlah varians butir
                  σ²t           =    varians total
      Apabila peneliti sudah memusatkan perhatiannya pada kebenaran data, maka masalah prosedur pengujian reliabilitas instrumen menjadi nomor dua. Peneliti harus mengarah pada pemikiran bagaimana cara meyakinkan diri bahwa data yang diperolehnya sudah benar, misalnya dengan mengadakan cross ceck dari sumber data lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini