PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN EKONOMI
JURUSAN
PENGETAHUAN ILMU PENDIDIKAN SOSIAL
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU KEPENDIDIKAN
UNVERSITAS
SANATA DHARMA
YOGYAKARTA
2012
PROFIL
GURU
1. Nama
Guru :
Kartiningsih
2. Usia
Guru : 51 tahun
3. Masa
Kerja Guru : Angkatan tahun 1982-
1987 (Paliyan Gunung Kidul)
: Tahun 1987-1990
(Kasihan Bantul)
: Tahun 1990-2012 (SDN
Bondalem Bambanglipuro)
4. Mengajar
di :
SDN Bondalem Bambanglipuro Bantul
5. Sekolah
tempat mengajar adalah SDN Bondalem yang terletak ditengah pedesaan, termasuk
sekolah yang lumayan baik prestasinya di kabupaten Bantul. Ibu Kartiningsih adalah
guru SD Negeri dan sudah bersertifikasi.
6. Apa
yang menjadi awal anda tertarik menjadi guru?
Pada
waktu sekolah dulu ketika lulus SMP kemudian melanjutkan di Sekolah Pendidikan
Guru (SPG). Melanjutkan ke SPG karena adanya dorongan dari teman seangkatan dan terlebih dukungan dari orang tua sendiri,
serta faktor lingkungan yang kebanyakan teman teman satu desa itu banyak yang
masuk pendidikan Guru (SPG).
7. Harapan
apa yang terkandung dalam diri yang bersangkutan sehingga memutuskan menjadi
guru?
Berharap
anak – anak didik yang didampingi bisa sukses melebihi gurunya. Siswa - siswi yang di dampingi akan menjadi penerus
bangsa sehingga apa yang telah diajarkannya dapat bermanfaat dan menjadikan
pribadi yang lebih maju dai pada gurunya.
8. Tantangan
apa yang ditemukan selama menjadi guru?
Banyak
hambatan/tantangan yang dihadapi, antara lain; anak – anak didiknya yang nakal
sehingga susah dikelola dengan baik. Orang tua murid seringkali berfikiran
bahwa anak sudah di sekolahkan di sekolah ini berarti sekolah yang harus
mendidik anak seutuhnya. Atau dapat dikatakan Orang tua murid kurang peduli
bahwa bimbingan dari orang tua juga sangat penting.
Tantangan
yang lain ialah ada salah satu murid yang keadaan mentalnya kurang di banding
murid yang lainnya. Murid yang demikian sangat sulit untuk di atur sehingga murid yang lainnya kadang
terganggu oleh tingkah lakunya.
9. Apakah
selama menjadi guru, ketika memberikan nilai kepada siswa juga pernah mengalami
konflik? Mengapa konflik tersebut muncul?
Dalam
memberikan nilai untuk murid – murid jarang menemui masalah/konflik karena
masih lingkup desa. Jadi murid ataupun wali murid sudah percaya dengan guru
yang telah mengampu murid tersebut.
10. Apakah
dalam lingkungan guru juga ada kode etik keguruan? Pernahkah melakukan pelanggaran
itu?
Ada.
Selama ini belum pernah melanggar kode etik yang ada. Guru harus mentaati
peraturan yang sudah ditetapkan.
11. Apakah
sebagai guru juga pernah melakukan pengembangan ilmu, kursus,
Pelatihan,
membaca. Secara umum berapa jam waktu yang dialokasikan untuk kegiatan
tersebut?
Pernah
mengadakan pengembangan ilmu. Yang pernah diikuti antara lain; mengikuti
workshop, kursus komputer dan pelatihan batik, dll. Menjadi guru di era
sekarang ini harus bisa menguasai teknologi seperti komputer dan keahlian yang
lainnya.
12. Bagaimana
pandangan guru terhadap pendidikan di Indonesia?
Pendidikan
jaman sekarang itu lebih enak, mapan dan memadai. Dari segi biaya untuk tingkat
pendidikan SD tidak ada biaya yang di bebankan kepada orang tua murid kecuali
untuk pembelian seragam olahraga, lks. Teknologi untuk menunjang pendidikan
juga semakin maju dan mudah di pelajari oleh anak –anak.Hanya saja di era
sekarang ini sangat disayangkan banyak murid yang semakin menurun dalam akhlak
dan moralnya. Terbukti jarang murid yang berbahasa dengan sopan dan santun
kepada guru maupun orang tuanya.
13. Faktor
apa yang paling menghambat kemajuan pendidikan di indonesia, mengapa?
Faktor
yang menghambat ialah;
Sarana
dan prasarana. Di daerah pedalaman masih banyak sekolah yang belum mencukupi
sarana dan prasarana sehingga pendidikan di daerah tersebut sulit untuk menjadi
lebih maju.
Lingkungan
peserta didik juga sangat mempengaruhi terhadap perkembangan pendidikan. Murid
yang tinggal di lingkungan yang tidak mendukung tentu tidak serius dalam
sekolah
Pemanfaatan
teknologi. Ada murid yang menyalahgunakan kemajuan teknologi untuk perbuatan
yang tidak baik.
14. Adakah
gagasan yang muncul dari guru agar pendidikan di indonesia dapat berkembang
Yang
diinginkan oleh guru sekarang ini, Guru menginginkan pendidikan berakhlak mulia
atau pendidikan moral di adakan kembali. Karena melihat kepribadian murid saat
ini moral yang dimiliki banyak mengalami kemunduran.
15. Bagaimana
pandangan guru terhadap peserta didik sekarang ini?
Peserta
didik sekarang ini intelektualnya banyak mengalami peningkatan tapi untuk moral
banyak mengalami kemunduran
16. Kunci
sukses menjadi guru itu apa?
Guru
selalu menjaga dan menjalankan peraturan dengan baik; tertib, disiplin, tekun,
teliti, kerjasama, keberanian, toleransi.
17. Apakah
pekerjaan guru itu tidak membosankan, mengapa?
Menjadi
guru tidak pernah bosan, justru menyenangkan karena dapat dekat dengan anak –
anak. Bisa mengenal berbagai karakter anak – anak dan dapat menyalurkan bakat
bakat yang dimiliki oleh anak merupakan kebanggaan tersendiri bagi guru.
Refleksi
Gusti ketut
sumber dane
Setelah saya melakukan wawancara
kepada salah satu guru, ternyata menjadi seorang guru itu sangat menyenangkan
dan menjadi seorang guru mempunyai suatu kepuassan tersendiri. Apalagi jika
peserta didik yang pernah beliau didik
menjadi orang yang sukses.
Tertarikkah saya menjadi guru??
Dari hasil wawancara tersebut saya
tertarik menjadi seorang guru karena menjadi seorang guru merupakan salah satu pekerjaan
yang mulia. Dan menjadi seorang guru merupakan profesi yang menantang.
Menantang untuk membentuk kepribadian peserta didik menjadi lebih baik. Jika
peserta didik yang pernah kita didik berhasil maka kita akan memiliki kepuasan
tersendiri.
Stefanus
Purwoko
Dari hasil kegiatan wawancara itu,
banyak hal yang dapat saya peroleh dari cerita pengalaman Ibu Kartiningsih, ada
susah senangnya tatkala menjadi guru. Dari wawancara ini dapat membantu saya
dalam memperoleh gambaran tentang keluh kesah dan senangnya menjadi guru. Mulai
dari kegiatan persiapan diri sebelum mengajar materi, kegiatan pembelajaran,
metode, pengelolaan kelas dan banyak sekali cerita pengalaman ibu kartiningsihyang saya dapatkan. Dari hal
ini saya juga dapat mengenali nilai – nilai moral dalam kegiatan pembelajaran.
Tertarikkah saya menjadi guru??
Tertarik menjadi guru. Senang dapat
mengenal beragam karakter peserta didik. Belajar berproses menjadi seorang
pendidik sejadi. Mencerdaskan kehidupan masyarakat dan memajukan pendidikan. Walaupun
memang banyak tantangan tetapi jika dijalani dengan ketulusan pasti akan sukses
dan menyenangkan.
Duwi Patmantoro
P
Dari kegiatan wawancara guru ini
sangat bermanfaat bagi saya. Guru yang kami wawancarai adalah seorang guru SD,
dari apa yang diceritakan beliau menarik dan dapat saya jadikan ilmu serta
motivasi bagi saya. Ternyata menjadi guru tidaklah mudah berbagai tantangan
yang harus dihadapi, dan semua tantangan tersebut harus dihadapi dan
dipecahkan.
Saya tertarik menjadi guru, menjadi
guru ternyata menjadi nilai kebanggaan tersendiri bagi orang - orang yang sudah
menjadi guru sukses. Ketika menjadi guru
mungkin akan senang karena setiap hari berhadapan dan mendampingi peserta didik
yang ingin belajar sehingga kedepannya apa yang di ajarkan guru dapat bermanfaat
bagi peserta didik terus.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar anda disini