Nama Sekolah :
SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Progrem :
X
Semester/Th. Ajaran :
Gasal/2013-2014
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi: Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar: Mengidentifikasi hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Indikator :
· Mendeskripsikan
pengertian biaya peluang
· Mengidentifikasi
hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·
Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
·
Kurva
kemungkinan produksi
· Mendeskripsikan
pengertian biaya peluang
· Menunjukan contoh biaya peluang pada
kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
A. Tujuan Pembelajaran
Perserta didik Setelah
membaca buku sumber dan melakukan diskusi hilangnya
kesempatan tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·
Mengidentifikasi kesempatan tenaga kerja
·
Mendiskripsikan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
·
Mendeskripsikan ilmu ekonomi terkait dengan
kelangkaan biaya
kesempatan (opportunity cost).
·
Karakter yang ingin dicapai: tanggung
jawab, kerja keras, disiplin, jujur, saling menghargai.
B. Materi Pembelajaran
1.
Biaya
peluang (opportunity cost)
Biaya peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena
menentukan suatu pilihan. Konsep biaya peluang ialah mendorong seseorang
mengeluarkan pengorbanan tertentu dan meminimumkan resiko rugi agar memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya.
2. Biaya Peluang pada Tenaga Kerja
Biaya peluang pada tenaga kerja adalah nilai kesempatan
tenaga kerja dalam memproduksi barang dan jasa yang harus diabaikan karena
memilih alternative memproduksi barang lain. Konsep dasar peluang tenaga kerja
ialah ketebatasan sumber daya manusia dalam proses produksi secara bersamaan
3. Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja
Perusahaan Rumah
Tangga
Pada sebuah perusahaan Rumah Tangga Tedapat
Lima tenaga kerja yang dipekerjakan untuk memproduksi bebepa makanan Seperti
Keripik dan Roti. Keripik dan Roti telah disurvei dalam masyarakat sebagai makanan yang
digemari. Untuk itu dibuat pengombinasian Tenaga Kerja dengan Barang yang
diproduksi agar diperoleh keuntungan yang besar.
C.
Metode Pembelajaran
·
Metode: ceramah, diskusi, tanya jawab
D.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama (2 x 45 menit)
No
|
Kegiatan
|
Alokasi
|
Keterangan
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
a. Apersepsi
·
Guru menjelaskan tentang SK, KD Indikator agar Siswa Dapat Memahami hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·
Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
b. Motivas
Memotivasi akan pentingnya menguasai
materi ini dengan baik agar dapat memahamai tentang hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
c. Penyampaian tujuan
pembelajaran
· Melalui kegiatan diskusi
peserta didik dapat:
Mendeskripsikan
unsur permasalahan ekonomi hilangnya kesempatan pada tenaga
kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·
Mengidentifikasi pengertian
biaya peluan, Biaya peluang pada tenaga keja, dan Konsep dasar biaya
peluang tenaga kerja.
|
10 menit
|
Tatap Muka
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Eksplorasi
· Guru menyampaikan pengantar
inti materi
· Guru bersama peserta didik
belajar dengan tanya jawab, komunikasi aktif tentang unsur masalah hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
b. Elaborasi
· Guru membagi peserta didik
ke dalam 4 kelompok (1 kelompok 4-5 orang).
· Guru memberi penjelasan
mengenai materi yang menjadi bahan diskusi kelompok.
· Peserta didik diminta untuk berfikir tentang
materi/permasalahan yang disampaikan guru.
· Peserta didik diminta untuk
bergabung dengan kelompoknya sesuai dengan pembagian yang sudah ditentukan
oleh guru.
· Di dalam kelompok peserta didik diminta
untuk saling mengutarakan hasil pemikiran mereka. Selama peserta didik saling
berdiskusi dalam kelompoknya, guru berkeliling memantau jalanya diskusi pada
masing-masing kelompok.
· Setelah waktu untuk diskusi
selesai guru memimpin pleno kecil
diskusi, tiap kelompok mengemukakan hasil diskusinya.
· Setelah semua kelompok
selesai mengemukakan hasil diskusinya, hasil pekerjaan kelompok dikumpulkan
kepada guru dengan menulis nama kelompok dan nama anggota kelompok.
c.Konfirmasi
·
Berawal dari kegiatan pleno kecil diskusi guru mengarahkan pembicaraan
pada pokok permasalahan atau menyimpulkan tentang hal-hal yang belum
diketahuai peserta didik.
· Guru menjelaskan dan menambah materi atau
jawaban tentang hal-hal yang belum diungkapkan para peserta didik.
|
70 menit
|
Tatap Muka
Tugas Terstruktur
|
3.
|
Kegiatan Penutup
a. Kesimpulan
Guru membimbing peserta
didik untuk menarik kesimpulan dari pembelajaran yang dilakukan dengan
mengunakan power point.
b. Tindak lanjut
·
Memberikan tugas pekerjaan rumah secara berkelompok
tentang masalah pokok ekonomi menurut aliran klasik dan modern. Data dapat diambil dari jurnal ekonomi atau
buku referensi perpustakaan.
·
Tugas dikumpulkan dan dibahas pada pertemuan
selanjutnya.
|
10 menit
|
Tatap Muka
|
E.
Sumber Belajar
· Buku:
1.
Rusdarti,dkk., 2007. Khazanah
Ekonomi 2 untuk Kelas XI SMA dan MA,
PT.Wangsa Jatra Lestari, Solo, hal 147.
2.
Endang Mulyadi., 2011. Akuntansi 1 SMA Kelas XI, Yudhistira, hal
19
3.
Kadirman,dkk., 2009. Prinsip-prinsip
Akuntansi 1 SMA Kelas XI, Yudhistira, hal 23
4.
Wayhyu Adji dkk. 2007 Ekonomi Untuk SMA/MAJilid 1, PT. Gelora Aksara Pertama, hal 31
· Media dan alat:
Power point, Laptop, LCD papan tulis,
Kapur. Ispidol, waibot
F.
Penilaian Hasil Belajar
1.
Teknik Penilaian:
·
Pengamatan Proses Belajar mengajar
·
Tes Tertulis
·
Non Tes
2.
Bentuk Instrumen: Isian , pilihan ganda, dan Pengamatan sikap
3.
Instrumen: Kisi-kisi soal, kunci jawaban dan pedoman penilaian
4.
Tugas terstruktur
a)
Kisi-kisi soal
No
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Teknik
|
Bentuk instrumen
|
Item soal
|
1.
|
Mendeskripsikan Biaya Peluang (opportunity cost)
|
Tes tertulis
|
Isian dan Pilihan
Ganda
|
Soal I no 1,
|
2.
|
Menjebutkan Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja dan jelaskan
|
Tes tertulis
|
Isian dan Pilihan
Ganda
|
Soal I no 2,3
|
3.
|
Mengidentifikasi Kurva kesempatan tenaga kerja dan kurva produksi didalam dan diluar
|
Tes tertulis
|
Isian
|
Soal I no 4,
|
b)
Instrumen Tugas Terstruktur
1) Apa yang dimaksud dengan Biaya Peluang (opportunity
cost) adalah?
2) Jelaskan apa yang dimaksud Contoh Konsep Dasar Peluang Tenaga Kerja!
3) Menjelaskan pengertian Biaya Peluang pada Tenaga Kerja?
4) Mengambarkan Kurva
kesempatan tenaga kerja?
KUNCI
JAWABAN ISIAN
1. Biaya peluang (opportunity
cost)
Biaya
peluang adalah pengorbanan yang dilakukan seseorang karena
menentukan suatu pilihan. Konsep biaya peluang ialah mendorong seseorang
mengeluarkan pengorbanan tertentu dan meminimumkan resiko rugi agar memperoleh
keuntungan sebesar-besarnya.
2. Contoh Konsep Dasar
Peluang Tenaga Kerja
Perusahaan Rumah
Tangga
Pada sebuah perusahaan Rumah Tangga Tedapat
Lima tenaga kerja yang dipekerjakan untuk memproduksi beberapa makanan Seperti Keripik dan Roti. Keripik dan Roti telah disurvei dalam
masyarakat sebagai makanan yang digemari. Untuk itu dibuat pengombinasian
Tenaga Kerja dengan Barang yang diproduksi agar diperoleh keuntungan yang besar.
3. Biaya
Peluang pada Tenaga Kerja
Biaya peluang pada tenaga
kerja adalah nilai kesempatan tenaga kerja dalam memproduksi barang dan jasa
yang harus diabaikan karena memilih alternative memproduksi barang lain. Konsep
dasar peluang tenaga kerja ialah ketebatasan sumber daya manusia dalam proses
produksi secara bersamaan.
4. Kurva di
gambar di kertas kerja
Penguasaan = jumlah jawaban
yang benar X 100%
4
Arti tingkat penguasaan yang dicapai
90% -
100% = Baik
sekali
80% -
89% = Baik
70% -
79% = cukup
< 70% =
kuran
c)
Pedoman penilaian
Item soal
|
Skor
|
Soal no 1
|
5
|
Soal no 2
|
5
|
Soal no 3
|
5
|
Soal no 4
|
5
|
Total
|
20
|
1. Penilaian sikap:
No
|
Nama
|
Aspek Penilaian
|
|||||||||||||||||||||||
Tanggung jawab
|
Kerja keras
|
Disiplin
|
Jujur
|
Santun
|
Saling menghargai
|
||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
...
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Skor 1 = Kurang
Skor 2 = Cukup
Skor 3 = Baik
Skor 4 = Sangat Baik
Sleman,
13
September 2013
Praktikan
Agustinus Uropka
NIM 091324002
Mengetahui,
Dosen pembimbing Guru Mata Pelajaran
Y. M. V.
Mundayen, S.Pd., M.Sc M
Sriharyanti Asih Winarti ,BA
NIP : 19560517 198103 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar anda disini