Senin, 26 Agustus 2013

SILABUS SMA GAMA TIGA MARET YOGYAKARTA 2013


Nama Sekolah               :   SMA  GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran             :   Ekonomi
Kelas / Program            :   X
Tahun/ Semester         :   2013-2014/Genap           
Standar Kompetensi   : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan  dan sistem ekonomi
Alokasi                              :  3x 45 menit

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi

Karakter
Penilaian
Alokasi
Waktu (menit)
Sumber/Bahan/ Alat

1.1   Mengidentifikasi kebutuhan manusia

















Kebutuhan manusia
·   Pengertian kebutuhan
·   Macam-macam kebutuhan















TATAP MUKA
·   Mencari informasi tentang  pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber secara mandiri.
·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah setempat.
·   Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan Menghargai setiap pendapat dalam
diskusi.

·   Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·      Mengidentifikasi macam-macam kebututuhan sendiri berdasrkan tingkatannya secara mandiri

·   Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.


·   Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.

·   Mendeskripsikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
·   Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan kebutuhan.





·                         Kerjasama
·                         Jujur
·                         Saling menghargai



·         Tugas individu,
·      Tugas kelompok
·      ulangan: tes tertulis, uraian bebas.


3 x 45 menit

















1)   Pengalaman siswa
2)   Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
3)   Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004


1.2. Mendeskripsikan berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas




















Berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
·   pengertian kelangkaan
·   faktor penyebab kelangkaan
·   pengalokasian sumber daya ekonomi.













TATAP MUKA
·   Menggali informasi tentang kelangkaan secara mandiri.
Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya. Menghargai setiap pendapat, tidak memaksakan kehendak dalam diskusi.
·   Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah setempat dan

·   Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
·   Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
·   Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.















·         Mandiri
·         Jujur
·         Berfikir logis dan kritis
·         Peduli sosial




Ulangan harian: tes tertulis, uraian bebas



 Tugas individu

















3 x 45 menit























1)  Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2009
2)  Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2008
























·   sekitarnya.
·   Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
TUGAS TERSTRUKTUR
·   Siswa menyusun skala prioritas kebutuhan sendiri untuk satu minggu secara jujur . Menunjukkan sikap hemat karena adanya kelangkaaan





















































1.3   Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu  tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi





Masalah pokok ekonomi
·   barang apa yang diproduksi.
·   bagaimana cara memproduksi.
·   untuk siapa barang diproduksi.


TATAP MUKA
·   Menggali informasi dari buku referensi
Masalah pokok ekonomi menurut aliran klasik dan aliran modern kemudian didiskusikan dalam kelompok
·   Mengemukakan pendapat sendiri secara jujur
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·   Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah. Menuliskan sendiri  hasil pengamatan di lapangan
·    



·   Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.


·   Mendiskripsikan masalah pokok ekonomi menurut aliran klasik dan aliran modern


·          Demokratis
·          Jujur
·          Mandiri


Ulangan harian: tes tertulis, uraian bebas
tugas individu


3 x 45 menit









1.4   Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
















Biaya peluang.
·   pengertian biaya peluang.
·   contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
















TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR

·   Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang secara mandiri.
·   Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan  kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
·   Mengemukakan pendapat sendiri secara jujur


·   Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
·   Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain.















·         Rasa ingin tahu

·         Berfikir logis dan kritis

·         Mandiri



Ulangan harian, tes tertulis, tugas individu






















3 x 45 menit




















1)  Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2009
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2008
3)  HANDOUT


1.5  Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi

Sistem ekonomi
·   pengertian sistem eknomi
·   macam-macam sistem ekonomi
·   kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
·   cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.


TATAP MUKA
·   Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi
·   Menuliskan sendiri hasil pengkajian buku referensi
TUGAS TERSTRUKTUR
·   Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi melalui studi pustaka/buku referensi

·   Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi

·   Mengidentifikasi sistem ekonomi  dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi).


·         Rasa ingin tahu

·         Berfikir logis dan kritis

·         Mandiri


Ulangan harian, tes tertulis, ulangan bebas

3 x 45 menit




Sleman, 19 Agustus  2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                 Guru  Mata Pelajaran



Dra. Sun Lestari                                                                                                 M Sriharyanti Asih Winarti ,BA
 NIP.                                                                                                                        NIP : 19560517 198103 2 004


SILABUS
Nama Sekolah           :   SMA  GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran         :   Ekonomi
Kelas / Program        :   X
Tahun/ Semester     :   2013-2014/Genab               
Standar Kompetensi  :       2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi                         :   x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi

Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/ Alat
2.1   Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi

Perilaku konsumen dan produsen
·   manfaat dan nilai suatu barang
·   perilaku konsumen
·   perilaku produsen

TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR
·   Membahas manfaat dan nilai suatu barang, mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/ observasi lapangan tanpa tatap muka (diluar jam pelajaran/penugasan terstruktur) dengan cermat dan secara mandiri
·   Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
·   Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
·   Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
·   Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
·   Berfikir logis dan kritis
·   Mandiri
·   cermat
·   Kerja
keras
Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis
3 x 45 menit

1. Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2. Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.


2.2   Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram

Arus lingkaran kegiatan ekonomi
·   diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
·   manfaat interaksi pelaku ekonomi
TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR
·         Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi  (Circulair Flow Diagram). disertai penjelasan selengkap mungkin
·   Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi. .selengkap mungkin

·   Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)


·   Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi
·         Cinta tanah air

·         Berfikir logis dan kritis

·         Kerja keras

Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis
3 X 45 MENIT
1)   Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)   Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.


2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
Peran  konsumen dan produsen
TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR
·   Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi  (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka selengkap mungkin

·   Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi  di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.

·   Mengemukakan pendapat sendiri secara jujur

·   Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).



Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
·         Berfikir logis dan kritis
·         Mandiri
Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis
3 X 45 MENIT
1)   Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)   Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.


Sleman, 16 Juli 2013
Mengetahui                                                                        
Kepala Sekolah                                                                                                                                                    Guru  Mata Pelajaran




Dra. Sun Lestari                                                                                                                                   M Sriharyanti Asih Winarti ,BA                   
NIP.                                                                                                                                                       NIP : 19560517 198103 2 004
                                                                                               
SILABUS
Nama Sekolah           :   SMA  GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran         :   Ekonomi
Kelas / Program        :   X
Tahun/ Semester     :   2013-2014/Gasal  
Standar Kompetensi   :       3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar
Alokasi                          :   18  x 45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi

Karakter
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/Bahan/ Alat
3.1   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
















Permintaan dan Penawaran
·   pengertian permintaan dan kurva permintaan.
·   faktor yang mempengaruhi permintaan.
·   pengertian penawaran dan kurva penawaran
·   faktor yang mempengaruhi  penawaran

TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR

·   Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.secara mandiri
·   Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya) Menuliskan sendiri hasil pengkajian buku referensi
·   .
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari raya).
·   Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran.
·   Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
·   Menggambar kurva permintaan dan penawaran
Mandiri
Demokratis

Berfikir logis dan kritis
Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis
3 x 45 menit

1)   Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)   Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.
3.2   Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya





Hukum Permintaan dan Penawaran

TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR

·   Menemukan hukum permintaan dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
·   Menunjukan penerapan hukum permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal : jeruk pontianak).secara cermat
·   Mendeskripsikan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
·   Memberikan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
·    
Menghargai prestasi
Berfikir logis dan kritis
Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis
3 X 45 MENIT
1)   Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)   Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.

3.3   Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan


Harga Keseimbangan
·   fungsi permintaan dan penawaran.
·   kurva permintaan dan penawaran.
·   pengertian elastisitas dan macam-macamnya.
·   menentukan elastisitas permintaan dan penawaran
·   pengertian harga  dan output keseimbangan
·   menentukan harga  dan output keseimbangan
·   pergeseran titik keseimbangan


TATAP MUKA
·   Menemukan fungsi permintaan dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang (misal jeruk pontianak).
·   Mengkaji referensi untuk merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal : barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok )secara teliti.
TUGAS TERSTRUKTUR
·   Memberi contoh  proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli scara logis.
·   Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matemati secara lengkap .
·   Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·   Menentukan harga dan output keseimbangan dengan  menggunakan tabel, dan grafik
·   Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
·   Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan

·   Menghitung elastisitas permintaan dan  penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis.
·   Menentukan elastisitas permintaan dan penawaran melalui pengkajian referensi.
·   Menentukan harga dan output keseimbangan dengan  menggunakan tabel, dan grafik

Teliti
Berfikir logis dan kritis
Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis
9 X 45 MENIT
1)   Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)   Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.


3.4   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang










Pasar Barang
·   pengertian pasar barang
·   bentuk-bentuk  pasar barang (pasar output)


TATAP MUKA
·   Mendeskripsikan pengertian dan  bentuk pasar barang  melalui kajian referensi
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·   Menyusun/mendata ciri-ciri bentuk pasar output(missal: sabun mandi, kosmetik, beras) tertentu , kemudian menentukan bentuk pasarnya


·   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).



Berfikir logis dan kritis

Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas kelompok,
 Kuis

3 X 45 MENIT

1) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.


3.5   Mendeskripsikan pasar input



Pasar Input
pasar input (pasar faktor  produksi)


TATAP MUKA
·   Merumuskan pasar input melalui kajian referensi
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·   Mencari berbagai bentuk/contoh pasar input  melalui studi lapangan.


·   Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input



Berfikir logis dan kritis


Tes tertulis : uraian
Nontes: Tugas individu: Kuis


3 X 45 MENIT


1)      Ekonomi SMA1, Dra.H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)   Ekonomi SMA1, Timabdi Guru, Erlangga. Th 2004.

 Sleman 19 Agustus 201

Praktikan

AGUSTINUS UROPKA
NIM 091324002

       Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                                                         Guru  Mata Pelajaran






Dra. Sun Lestari                                                                                M Sriharyanti Asih Winarti ,BA
                







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini