Minggu, 11 Agustus 2013

HAKEKAT DAN FUNGSI KEHIDUPAN ASRAMA SEKOLAH



Menurut Piet A. sahertian, hakekat kehidupan asrama sekolah yaitu:
Hakekat kehidupan asrama bukan sekedar pembentukan kebiasaan dan kesan-kesan sensoris, namun suatu proses pembentukan nilai. Dengan kata lain, hidup di asrama pada hakekatnya adalah pembentukan nilai-nilai hidup, yakni:
  • Nilai keagamaan
  • Nilai kebenaran
  • Nilai kebersamaan (sosial)
  • Nilai keindahan
  • Nilai ekonomis
  • Nilai yuridis
Fungsi kehidupan berpola asrama sekolah:
Sejalan dengan hakekat kehidupan asrama adalah pembentukan nilai, maka fungsi kehidupan asrama adalah pembentukan nilai, maka fungsi kehidupan asrama hatrus mengandung hal-hal sebagai berikut:
  1. Kehidupan asrama sekolah harus dapat menciptakan suasana asrama home. Maksudnya kultur kehidupan di asrama harus berisi suasana home dalam pengertian sebagai berikut:
  • Lingkungan penuh kasih sayang jauh dari suasana perselisihan
  • Tempat dimana yang kecil merasa dibesarkan dan yang besar merasa kecil
  • Tempat dimana kita tidak banyak menggerutu dan diperlakukan dengan sebaik-baiknya
  • Tempat dimana kita makan tiga kali sehari sekenyang-kenyangnya dan memuaskan diri seribu kali
  • Satu-satunya tempat di dunia, dimana kesalahan-kesalahan dan kekurangan/kegagalan kita sembunyikan oleh cinta dan pengorbanan.
  • Mahligai kebapakan, dunia keibuan, dan paradise bagi kehidupan anak-anak.

Kehidupan asrama harus dapat menjadi laboratorium sosiologis, dimana hubungan-hubungan manusia merupakan kunci utama. Artinya, dalam khidupan asrama di sekolah harus diusahakan berbagai pengalaman belajar melalui kegiatan belajar sebagai persiapan untuk hidup di masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komentar anda disini