BIDANG PENDIDIKAN
Pembangunan pendidikan merupakan
prioritas utama dalam RPJMD Kabupaten Pegunungan Bintang Tahun 2011-2016.
Kondisi pendidikan yang memprihatinkan telah menjadi perhatian pemerintah
daerah sejak awal mulai berdirinya Kabupaten Pegunungan Bintang. Mulai tahun
2003 hingga saat ini telah banyak dilaksanakan program dan kegiatan pembangunan
bidang pendidikan dan telah memberikan dampak membaiknya kondisi
penyelenggaraan pendidikan di daerah. Namun demikian dengan keterbatasan sumber
daya anggaran dan aparatur serta hambatan kondisi geografis wilayah yang berat,
tujuan pembangunan pendidikan di daerah belum sepenuhnya terwujud.
Dalam upaya percepatan pembangunan
pendidikan di daerah, disusun strategi pembangunan pendidikan di Kabupaten
Pegunungan Bintang yaitu:
1. Pengawasan,
Pembinaan secara kontinyu, Konsisten kepada Tenaga Pendidik.
2. Peningkatan
Kapasitas Tenaga Kependidikan lewat pelatihan, penataran kursus, kualifikasi dan sertifikasi guru.
3. Pengembangan
serta pembenahan sarana prasaran berbagai jenjang pendidikan demi terwujudnya pengelolaan pendidikan
secara efektif dan efisien yang berpola wilayah.
4. Mengakomodir
siswa/siswi berprestasi dari berbagai jenjang pendidikan untuk melanjutkan ke sekolah-sekolah unggulan
serta pendidikan tinggi dalam daerah dan luar negeri.
5. Pendataan
penduduk buta aksara dengan anak usia putus sekolah yang akurat.
6. Meningkatkan
kesejateraan tenaga kependidikan demi untuk memberikan motivasi dalam kinerja.
Dalam upaya pelaksanaan strategi
pembangunan pendidikan dimaksud, maka arah kebijakan yang ditempuh adalah:
1. Meningkatkan
Manajemen Pelayan Pendidikan yang terjangkau dengan kebijakan:
- Mewujudkan
manajemen kelembagaan Pendidikan tingkat Distrik dalam memperpendek jangkauan Pelayanan Pendidikan
- Mewujudkan
manajemen pelayanan tingkat jenjang Pendidikan (sekolah) melaui Pelaksana, Pengawas.
2. Meningkatkan
Pelayanan Mutu Pendidikan melalui berbagai kebijakan:
- Meningkatkan
kualifikasi pendidikan bagai guru dan tenaga kependidikan.
- Meningkatkan
kader yang siap memnjadi guru.
- Meningkat
peserta didik yang siap bersaing pada Pendidikan Mengah dan Tingkat
Perguruan Tinggi baik lokal, Nasional maupun Internasional.
- Meningkatkan
pengembangan kuriklum pada berbagai tingkat satuan Pendidikan (Sekolah).
- Meningkatkan
sarana prasana di setiap jenjang pendidikan sebagai faktor penunjang dalam proses pembelajaran.
3. Mewujudkan
Pembangunan Pendidikan berbasis wilayah dengan arah kebijakan:
- Mewujudkan
kawasan Pendidikan yang memiliki daya tampung, basis pengembangan mutu dan menjadi pusat belajar dari
kelompok masyarat yang terbelakang.
- Meningkatkan
daya tampung bagi anak-anak usia sekolah
4. Meningkatkan
pelayanan terhadap kelompok kurang beruntung dalam mendapatkan pendidikan dengan kebijakan:
- Meningkatkan
pelayanan terhadap kelompok putus sekolah dengan membentuk Pusat Kegiatan
Kelajar Masyarakat (PKBM).
- Meningkatkan
pelayanan terhadap kelompok usia dini untuk memasuki usia sekolah.
- Meningkatkan
pengembangan mutu pelayanan terhadap Pelaksana dan pelaku kelompok putus sekolah.
5. Meningkatkan
pelayanan Kesejahteraan dengan kebijakan:
- Meningkatkan
pelayanan nasip, kesejahteraan pegawai tenaga pendidik dan tenaga kependidikan.
Sebagai langkah operasional terhadap
arah kebijakan pembangunan pendidikan, program strategis yang diprioritaskan
antara lain :
1. Pembangunan
sekolah berbagai jenjang pendidikan yang selama ini terpencar di lereng-lereng
gunung perlu pembangunan Kawasan Pendidikan Berpola Asrama dalam satu wilayah
tertentu untuk meningkatkan Manajemen Pengelolaan, Pengawasan dan SDM secara
efektif dan efisien.
2. Guru
dan Tenaga Kependidikan yang tersedia sangat kurang karena banyak yang sudah
pesiun, mutasi dan meninggal dunia, sehingga pembagian tidak sesuai dengan
kebutuhan setiap Sekolah, maka upaya yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah
dapat menyiapkan lulusan SMP, SMA/SMK melanjutkan ke Pendidikan Guru untuk
memenuhi kebutuhan Guru.
3. Pembangunan
Rumah Dinas Guru belum mencukupi kebutuhan, oleh sebab itu pemerintah daerah
berusaha membangun perumahan guru secara bertahap untuk memenuhi kebutuhan
rumah guru berbagai jenjang pendidikan.
4. Sesuai
dengan Undang-undang Guru dan Dosen bahwa para Guru dan Dosen perlu
meningkatkan Kualifikasi Pendidikan, terutama guru di Kabupaten Pegunungan
Bintang sebagian besar belum memenuhi Standar Kualifikasi Pendidikan, oleh
sebab itu pemerintah daerah telah berusaha meningkatkan kualifikasi guru di
berbagai jenjang pendidikan secara bertahap untuk memenuhi standar kualifikasi
guru serta meningkatkan kesejahteraan guru/tenaga kependidikan.
5. Lulusan
dari berbagai jenjang Pendidikan belum sepenuhnya melanjutkan pendidikan. Oleh
sebab itu, Pemerintah Daerah berusaha menyiapkan lulusan siswa berbagai jenjang
pendidikan agar dapat melanjutkan pendidikan di berbagai sekolah unggulan
terutama pendidikan tinggi di dalam maupun luar daerah secara berkelanjutan dan
konsisten untuk meningkatkan SDM yang berkualitas.
6. Pendataan
buta aksara, putus sekolah belum dikelola secara maksimal. Oleh sebab itu,
Pemerintah Daerah berusaha mendata kembali penduduk buta aksara dan putus
sekolah secara valid agar dapat dibangun Pusat Belajar yang disebut PKBM untuk
menuntaskan buta aksara dan putus sekolah secara berjenjang menuntaskan buta
aksara dan mengurangi angka putus sekolah.
Beberapa kegiatan pokok yang
dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang sampai tahun 2012, antara
lain :
a. Peningkatan prasarana dan
sarana pendidikan:
- Gedung
sekolah dan mebelair
- Rumah
guru, kepala sekolah, penjaga sekolah
- Pembangunan
perpustakaan dan laboratorium sekolah
- Perlengkapan
laboratorium dan alat peraga edukasi
b. Pengadaan
guru
c. Peningkatan
mutu tenaga pendidik
d. Pengembangan
sekolah berpola asrama dan sekolah satu atap
e. Pengembangan
sekolah menengah kejuruan
f. Pembebasan
biaya SPP dan UAS/UAN
g. Penyediaan
biaya studi di sekolah lokal dan luar Pegunungan Bintang (SD, SMP, SMA, PT)
h. Beasiswa
Selain itu, langkah strategis lain
yang diambil Pemerintah Daerah dalam upaya mempersiapkan putra-putri asli Papua
sebagai generasi penerus bangsa, berupa pengiriman siswa-siswi untuk menempuh
pendidikan di luar kabupaten baik di Papua maupun luar Papua. Demikian juga
Pemerintah Daerah tengah menjadi kerjasama/kemitraan dengan perguruan tinggi
terkemuka di Indonesia. Kaitan hal tersebut, beberapa program yang dilaksanakan
antara lain :
1. Beasiswa
S1 dan S2 di Perguruan Tinggi :
Ø Papua: Uncen, Unipa, USTJ, Uniyap, UOG,
Stikom, STIE Port Numbay, STT Fajar Timur,
STT Waterpost, IPI.
Ø Luar Papua : UGM, Sanata Dharma, UKSW
Salatiga, STPMD Yogya.
2. Pengiriman
siswa SD, SMP, SMA di sekolah di Jawa: Muntilan, Sleman, Semarang, Yogya.
3. Pengiriman
siswa ke STPDN Jatinangor Bandung.
4. Pengiriman
siswa ke Perguruan Tinggi di Cina : kedokteran, pertambangan, teknik sipil.
5. Sekolah
Pilot.
6. Seleksi
AKABRI, AKPOL.
Tabel
4.1. Daftar Penerima Bantuan Beasiswa
Program
Bantuan Pendidikan
No
|
Nama Perguruan Tinggi
|
Jumlah Mahasiswa
|
|
1
|
2
|
|
3
|
1
|
UGM
Yogyakarta
|
8
|
Mahasiswa
|
2
|
Universitas
Sanata Dharma (USD)
|
36
|
Mahasiswa
|
3
|
STIKIP
Surya Institude
|
9
|
Mahasiswa
|
4
|
Calon
Guru SMK Di Ciganjur Bandung
|
7
|
Mahasiswa
|
5
|
Kpg
Merauke
|
9
|
Mahasiswa
|
6
|
KPG
Timika
|
11
|
Mahasiswa
|
7
|
Program
Mahasiswa UP4B
|
29
|
Mahasiswa
|
8
|
Beasiswa
Luar Negeri Di Cina
|
3
|
Mahasiswa
|
9
|
SMP
Marganingsih Muntilan
|
20
|
Siswa
|
10
|
SMA Plus
Hawai Dan Polomo
|
41
|
Siswa
|
11
|
Seminari
Sorong
|
9
|
Siswa
|
|
J
U M L A H
|
182
|
orang
|
Adapun permasalahan yang dihadapi
dan sangat mempengaruhi proses pembangunan Pendidikan di Pegunungan Bintang
antara lain :
1. Pengelolaan
manajemen pendidikan di berbtagai jenjang pendidikan, terutama pendidikan
dasar;
2. Guru
dan Tenaga Kependidikan yang belum tersedia secara merata;
3. Sarana/prasarana,
terutama rumah dinas guru dan tenaga kependidikan;
4. Kualifikasi
guru dan tenaga kependidikan yang belum memenuhi standar;
5. Lulusan
dari berbagai jenjang pendidikan belum sepenuhnya melanjutkan pendidikan;
6. Pendataan
Buta Aksara, Putus Sekolah belum dikelola secara maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar anda disini