Nama
Sekolah :
SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata
Pelajaran :
Ekonomi
Kelas /
Program :
X
Tahun/
Semester :
2013-2014/Genap
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan
ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi
Alokasi :
3x
45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator
Pencapaian
Kompetensi
|
Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
1.1
Mengidentifikasi kebutuhan
manusia
|
Kebutuhan
manusia
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
|
TATAP
MUKA
· Mencari informasi tentang
pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber secara mandiri.
· Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia di daerah
setempat.
· Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling
dominan
Menghargai setiap pendapat dalam
diskusi.
· Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan
kebutuhan.
TUGAS
MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·
Mengidentifikasi
macam-macam kebututuhan sendiri berdasrkan
tingkatannya secara
mandiri
|
· Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
· Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia.
· Mendeskripsikan kebutuhan manusia di daerah setempat yang paling dominan.
· Mengklasifikasikan jenis kebutuhan berdasarkan tingkatan
kebutuhan.
|
·
Kerjasama
·
Jujur
·
Saling menghargai
|
·
Tugas individu,
· Tugas kelompok
· ulangan: tes tertulis, uraian
bebas.
|
3 x 45 menit
|
1) Pengalaman siswa
2) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
3) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004
|
1.2. Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
|
Berbagai
sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
· pengertian kelangkaan
· faktor penyebab kelangkaan
· pengalokasian sumber daya ekonomi.
|
TATAP
MUKA
· Menggali informasi tentang kelangkaan secara mandiri.
Mendiskusikan faktor
penyebab kelangkaan di daerah setempat dan sekitarnya. Menghargai
setiap pendapat, tidak memaksakan kehendak dalam diskusi.
· Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi yang langka dan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka di daerah
setempat dan
|
· Mendeskripsikan pengertian kelangkaan
· Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan
· Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan
manfaat bagi rakyat banyak.
|
·
Mandiri
·
Jujur
·
Berfikir logis
dan kritis
·
Peduli sosial
|
Ulangan
harian: tes tertulis, uraian
bebas
Tugas individu
|
3 x 45 menit
|
1) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2009
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2008
|
|
|
· sekitarnya.
· Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan kebutuhan.
TUGAS
TERSTRUKTUR
· Siswa menyusun skala prioritas kebutuhan sendiri
untuk satu minggu secara jujur .
Menunjukkan sikap hemat karena adanya kelangkaaan
|
|
|
|
|
|
1.3
Mengidentifikasi masalah
pokok ekonomi, yaitu tentang apa,
bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi
|
Masalah
pokok ekonomi
· barang apa yang diproduksi.
· bagaimana cara memproduksi.
· untuk siapa barang diproduksi.
|
TATAP
MUKA
· Menggali informasi dari buku referensi
Masalah
pokok ekonomi menurut aliran klasik dan aliran modern kemudian didiskusikan
dalam kelompok
· Mengemukakan
pendapat sendiri secara jujur
TUGAS
MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
· Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi
dan untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah. Menuliskan sendiri hasil pengamatan di lapangan
·
|
· Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara memproduksi dan
untuk siapa barang diproduksi.
· Mendiskripsikan masalah pokok ekonomi menurut aliran
klasik dan aliran modern
|
·
Demokratis
·
Jujur
·
Mandiri
|
Ulangan
harian: tes tertulis, uraian
bebas
tugas
individu
|
3 x 45 menit
|
|
1.4
Mengidentifikasi hilangnya
kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain
|
Biaya
peluang.
· pengertian biaya peluang.
· contoh biaya peluang pada kesempatan kerja.
|
TATAP
MUKA
TUGAS
TERSTRUKTUR
· Mengkaji referensi tentang permasalah ekonomi untuk menemukan
konsep biaya peluang secara mandiri.
· Mendiskusikan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
·
Mengemukakan pendapat sendiri secara jujur
|
· Mendeskripsikan pengertian biaya peluang.
· Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila
melakukan produksi di bidang lain.
|
·
Rasa ingin tahu
·
Berfikir logis
dan kritis
·
Mandiri
|
Ulangan
harian, tes tertulis, tugas individu
|
3 x 45 menit
|
1) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2009
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2008
3) HANDOUT
|
1.5 Mengidentifikasi
sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi
|
Sistem
ekonomi
· pengertian sistem eknomi
· macam-macam sistem ekonomi
· kebaikan dan kelemahan sistem ekonomi.
· cara memecahkan masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang
dianut.
|
TATAP
MUKA
· Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi
· Menuliskan
sendiri hasil pengkajian buku referensi
TUGAS
TERSTRUKTUR
· Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah
ekonomi melalui studi pustaka/buku referensi
|
· Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi
· Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi
(produksi, distribusi dan konsumsi).
|
·
Rasa ingin tahu
·
Berfikir logis
dan kritis
·
Mandiri
|
Ulangan
harian, tes tertulis, ulangan bebas
|
3 x 45 menit
|
|
Sleman, 19 Agustus 2013
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Sun Lestari M
Sriharyanti Asih Winarti ,BA
NIP. NIP :
19560517 198103 2 004
SILABUS
Nama Sekolah : SMA GAMA YOGYAKARTA
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas / Program : X
Tahun/ Semester : 2013-2014/Genab
Standar
Kompetensi : 2. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen
Alokasi
: 9 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
2.1 Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan
produsen dalam kegiatan ekonomi
|
Perilaku
konsumen dan produsen
· manfaat dan nilai suatu barang
· perilaku konsumen
· perilaku produsen
|
TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR
· Membahas manfaat dan nilai suatu barang, mendeskripsikan
perilaku konsumen dan produsen melalui studi pustaka/ observasi lapangan
tanpa tatap muka (diluar jam pelajaran/penugasan terstruktur) dengan cermat
dan secara mandiri
|
· Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang.
· Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen
· Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik)
· Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik)
|
· Berfikir logis dan kritis
· Mandiri
· cermat
· Kerja
keras
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
3 x 45 menit
|
1. Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2. Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.
|
2.2
Mendeskripsikan
Circulair Flow Diagram
|
Arus
lingkaran kegiatan ekonomi
· diagram interaksi pelaku ekonomi. (circulair flow diagram)
· manfaat interaksi pelaku ekonomi
|
TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR
·
Membuat model diagram
interaksi pelaku ekonomi (Circulair
Flow Diagram). disertai penjelasan selengkap mungkin
· Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi
manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.
.selengkap
mungkin
|
· Membuat model diagram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram)
· Mengidentifikasi manfaat diagram interaksi pelaku ekonomi
|
·
Cinta tanah air
·
Berfikir logis dan kritis
·
Kerja keras
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
3 X 45 MENIT
|
1) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.
|
2.3 Mendeskripsikan
peran konsumen dan produsen
|
Peran konsumen
dan produsen
|
TATAP MUKA
TUGAS TERSTRUKTUR
· Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan, pemerintah dan
masyarakat luar negeri) melalui studi pustaka selengkap mungkin
· Menunjukan contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga, perusahaan,
pemerintah dan masyarakat luar negeri) melalui diskusi di kelas.
· Mengemukakan
pendapat sendiri secara jujur
|
· Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga, perusahaan,
pemerintah dan masyarakat luar negeri).
Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga,
perusahaan, pemerintah dan masyarakat luar negeri).
|
·
Berfikir logis dan kritis
·
Mandiri
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
3 X 45 MENIT
|
1)
Ekonomi SMA 1, Dra. H.
Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)
Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru,
Erlangga. Th 2004.
|
Sleman, 16 Juli 2013
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Sun Lestari M
Sriharyanti Asih Winarti ,BA
NIP. NIP : 19560517 198103 2 004
SILABUS
Nama
Sekolah : SMA GAMA
YOGYAKARTA
Mata
Pelajaran : Ekonomi
Kelas /
Program : X
Tahun/
Semester : 2013-2014/Gasal
Standar Kompetensi : 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar
Alokasi :
18 x 45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Karakter
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/Bahan/ Alat
|
3.1 Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran
|
Permintaan
dan Penawaran
·
pengertian permintaan dan
kurva permintaan.
·
faktor
yang mempengaruhi permintaan.
·
pengertian penawaran dan
kurva penawaran
·
faktor
yang mempengaruhi penawaran
|
TATAP
MUKA
TUGAS
TERSTRUKTUR
·
Mendeskripsikan
pengertian permintaan dan penawaran melalui studi pustaka.secara mandiri
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran terhadap barang (misal : telur menjelang hari raya) Menuliskan
sendiri hasil pengkajian buku referensi
·
.
TUGAS
MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
·
Menggambar kurva permintaan
dan penawaran dari satu daftar transaksi ( misal : telur menjelang hari
raya).
|
·
Mendeskripsikan pengertian
permintaan dan penawaran.
·
Mendeskripsikan faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan dan
penawaran.
· Menggambar kurva permintaan dan penawaran
|
Mandiri
Demokratis
Berfikir logis dan kritis
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
3 x 45 menit
|
1) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.
|
3.2 Menjelaskan hukum permintaan dan hukum
penawaran serta asumsi yang mendasarinya
|
Hukum
Permintaan dan Penawaran
|
TATAP
MUKA
TUGAS
TERSTRUKTUR
·
Menemukan hukum permintaan
dan penawaran serta asumsi-asumsinya melalui pengkajian referensi.
·
Menunjukan penerapan hukum
permintaan dan penawaran terhadap barang dalam kehidupan di masyarakat (misal
: jeruk pontianak).secara cermat
|
·
Mendeskripsikan hukum
permintaan dan hukum penawaran serta asumsi-asumsinya
·
Memberikan contoh penerapan
hukum permintaan dan penawaran dalam kehidupan di masyarakat.
·
|
Menghargai prestasi
Berfikir logis dan kritis
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
3 X 45 MENIT
|
1)
Ekonomi SMA 1, Dra. H.
Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)
Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru,
Erlangga. Th 2004.
|
3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah
keseimbangan
|
Harga
Keseimbangan
·
fungsi permintaan dan
penawaran.
·
kurva permintaan dan
penawaran.
·
pengertian elastisitas dan
macam-macamnya.
·
menentukan elastisitas
permintaan dan penawaran
·
pengertian harga dan output keseimbangan
·
menentukan harga dan output keseimbangan
·
pergeseran titik keseimbangan
|
TATAP
MUKA
·
Menemukan fungsi permintaan
dan penawaran melalui pencermatan kurva permintaan dan penawaran terhadap
barang (misal jeruk pontianak).
·
Mengkaji referensi untuk
merumuskan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas (misal :
barang-barang elektronik dan barang kebutuhan pokok )secara teliti.
TUGAS
TERSTRUKTUR
·
Memberi contoh proses terbentuknya harga dan output keseimbangan dari suatu transaksi jual beli scara logis.
·
Menghitung elastisitas
permintaan dan penawaran dengan
menggunakan tabel, grafik dan matemati
secara
lengkap .
·
Menentukan elastisitas
permintaan dan penawaran melalui
pengkajian referensi.
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
· Menentukan harga dan output keseimbangan dengan menggunakan tabel, dan grafik
|
·
Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output
keseimbangan dan menggambarkan grafiknya.
·
Menghitung harga dan output
dalam keadaan keseimbangan
·
Menghitung elastisitas
permintaan dan penawaran dengan
menggunakan tabel, grafik dan matematis.
·
Menentukan elastisitas
permintaan dan penawaran melalui
pengkajian referensi.
·
Menentukan harga dan output
keseimbangan dengan menggunakan tabel,
dan grafik
|
Teliti
Berfikir logis dan kritis
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
9 X 45 MENIT
|
1)
Ekonomi SMA 1, Dra. H.
Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)
Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru,
Erlangga. Th 2004.
|
3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
barang
|
Pasar
Barang
·
pengertian pasar barang
·
bentuk-bentuk pasar barang (pasar output)
|
TATAP
MUKA
· Mendeskripsikan pengertian dan
bentuk pasar barang melalui
kajian referensi
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
· Menyusun/mendata ciri-ciri bentuk pasar
output(missal: sabun mandi, kosmetik, beras) tertentu , kemudian menentukan
bentuk pasarnya
|
·
Mendeskripsikan berbagai
bentuk pasar output (pasar
persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna).
|
Berfikir logis dan kritis
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas kelompok,
Kuis
|
3 X 45 MENIT
|
1) Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2) Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2004.
|
3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
Pasar
Input
pasar
input (pasar faktor produksi)
|
TATAP
MUKA
· Merumuskan pasar input
melalui kajian referensi
TUGAS MANDIRI TAK TERSTRUKTUR
· Mencari berbagai bentuk/contoh pasar input melalui studi lapangan.
|
·
Mendeskripsikan berbagai
bentuk pasar input
|
Berfikir logis dan kritis
|
Tes
tertulis : uraian
Nontes:
Tugas individu: Kuis
|
3 X 45 MENIT
|
1) Ekonomi SMA1, Dra.H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2010.
2)
Ekonomi SMA1, Timabdi Guru,
Erlangga. Th 2004.
|
Sleman 19
Agustus 201
Praktikan
AGUSTINUS UROPKA
NIM 091324002
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Dra. Sun Lestari M Sriharyanti Asih Winarti ,BA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar anda disini