Nama
Sekolah : SMA GAMA
YOGYAKARTA
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Program : X
Semester/Th. Pelajaran : 2013-2014/Genap
Alokasi Waktu :
2x 45 menit
Standar Kompetensi :
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia,
kelangkaan dan sistem ekonomi
Kompeteni Dasar :
Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
Indikator :
Mengidentifikasi barang apa, bagaimana cara
memproduksi dan untuk siapa barang diproduksi.
I. Tujuan Pembelajaran
·
Di akhir pembelajaran, siswa mampu Mendeskripsikan masalah pokok ekonomi
·
Setelah mendengarkan penjelasan
guru, peserta didik dapat mendeskripsikan pengertian masalah pokok ekonomi seperti Barang apa yang diporoduksi, bagimana cara
memproduksi, untuk siapa diproduksi.
·
Setelah mendengarkan penjelasan
guru, peserta didik mengidentifikasi masalah
pokok ekonomi seperti jenis-jenis barang apa
yang diproduksi.
·
Peserta didik dapat mengikuti
pelajaran tentang permasalahan-permasalahan pokok ekonomi dengan tertib, teliti, dan bertanggung
jawab.
·
Peserta didik dapat terampil
dalam memecahkan permasalahan-permasalahan pokok ekonomi
II. Materi
Pembelajaran
Masalah
Pokok Ekonomi
·
Barang
apa yang diproduksi.
·
Bagaimana cara memproduksi.
·
Untuk siapa barang diproduksi
III. Metode Pembelajaran
1.
Pembelajaran Langsung
2.
Pemberian tugas di kelas /
3.
Pemberian tuga di luar kelas
4.
Tugas kelompok
5.
Diskusi
6.
Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Keterangan
|
A. Kegiatan
awal:
a.
Guru memeberikan salam singkat pada para siswa.
b.
Berdoa
c.
Absensi
d.
Guru memberikan sedikit penjelasan tentang materi di
pertemuan sebelumnya
e.
Motivasi siswa tentang pentingnya materi untuk peserta didik sebagai
bekal pengetahuannya di masyarakat
c. penyampaian Tujuan Pembelajaran
|
10
|
Tatap muka
|
B. Kegiatan
Inti :
a.
Guru Menjelaskan materi tentang Masalah
Pokok Ekonomi
·
Barang apa yang diproduksi.
·
Bagaimana cara memproduksi.
·
Untuk siapa barang diproduksi
b.
Guru Memberikan contoh berbagai kebutuhan maalah pokok
ekonomi
c.
Siswa dibagi dalam beberapa kelompok
untuk mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana cara memproduksi dan
untuk siapa barang diproduksi melalui studi lapangan di suatu daerah.
d.
Melakukan diskusi hasil identifikasi
studi lapangan sesuai dengan kelompok.
e.
Membuat laporan hasil diskusi
kelompok
|
70
|
Tatap muka
|
C.
Kegiatan Akhir :
a.
Guru menanyakan kesulitan yang ditemukan oleh siswa
selama proses pembelajaran.
b.
Guru memberi sedikit ringkasan mengenai materi yang selama proses pembelajaran dan Menyimpulkan materi pembelajaran
c.
Guru Memberi gambaran umum untuk materi yang akan datang
d.
b. Guru menutup
pertemuan dengan doa.
e.
Salam penutup kepada siswa
|
10
|
Tatap muka
|
V. Alat
(Bahan) / Sumber Belajar:
a. Alat / Bahan : Buku teks, LCD,
spidol, papan tulis, kapur, diktat/hanhout
b. Sumber Belajar :
1.
Ekonomi SMA Jilid 1, MT. Ritonga, Yoga Firdaus. PT. Phibeta
Jakarta 2007
2.
Ekonomi SMA 1, Dra. H. Sukwiaty dkk, Yudhistira. Th 2009
3.
Ekonomi SMA 1, Tim abdi Guru, Erlangga. Th 2008
4.
Buku-buku ekonomi lain yang relevan, dan internet
VI. Penilaian Hasil belajar
1. Teknik Penilaian :
a.
Penilaian proses belajar mengajar
b.
Tes Tertulis
c.
Non Tes
2. Bentuk
Instrumen
a.
Isian dan pilihan ganda
b.
Uraian
Sleman, 19 Agustus 2013
Disetujui oleh dosen pembimbing Praktikan
Y. M. V. Mundayen, S.Pd., M.Sc Agustinus Uropka/091324002
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Dra. Sun Lestari M Sriharyanti Asih Winarti ,BA
NIP. NIP : 19560517 198103 2 004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
komentar anda disini